Myo Armband, Kontrol Perangkat Apapun dengan Gestur Tangan

Myo Armband / Thalmic Labs

Teknologi.id – Myo Armband, dikembangkan oleh startup bernama Thalmic Labs, perangkat inovatif itu memanfaatkan sederet sensor electromyographic (EMG) untuk mendeteksi aktivitas elektrik pada otot-otot di pergelangan tangan.

Digabungkan dengan gyroscope, accelerometer dan magnetometer, Myo sanggup menerjemahkan informasi tersebut menjadi gesture tangan yang beragam untuk mengontrol berbagai perangkat; mulai dari komputer, VR headset sampai drone. Setelah sejumlah revisi, versi ritel Myo pada akhirnya dirilis di tahun 2015.

Baca juga: Neuralink, Gadget yang Dapat Menghubungkan Otak ke Komputer

Sepanjang perjalanannya dari sejak tahun 2012, Thalmic berhasil mengumpulkan pendanaan lebih dari $135 juta dari sejumlah investor. Myo yang dijual seharga $200 sendiri juga sempat menjadi sorotan dalam sejumlah pencapaian teknologi.

Dan salah satu yang paling keren adalah, pencapaian dari para peneliti di John Hopkins University. Mereka memanfaatkan dua unit Myo untuk memberikan kemampuan kepada seorang pasien amputasi, sehingga dapat mengontrol tangan prostetiknya.

Dan yang tidak kalah menarik adalah, ketika Myo Armband berada di tangan seorang DJ kelas dunia. Armin van Buuren, DJ asal Belanda itu sempat mengenakan Myo di kedua tangannya. Untuk mengontrol efek pencahayaan yang bombastis secara realtime di konsernya.

Seumpama Thalmic benar pivot ke smart glasses, kita mungkin bakal menilainya sebagai sebuah downgrade. Namun semestinya mereka mampu menawarkan inovasi yang sangat menarik di ranah tersebut, apalagi mengingat mereka harus benar-benar berpaling dari Myo, dan itu yang membuat saya cukup penasaran.

Sumber: Dailysocial

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending