Dot, Smartwatch untuk Tunanetra Pertama di Dunia

Related image

Teknologi.id – Terdapat lebih dari 285 juta orang yang menyandang tunanetra atau tidak dapat melihat di seluruh dunia. Dapat kita bayangkan, hidup sebagai orang buta tidaklah mudah.

Berawal dari rasa iba seorang pekerja kepada temannya yang menyandang tunanetra, yang senantiasa kesulitan mengerjakan banyak hal. Meski ada alat yang dapat membantu, namun harganya tidaklah murah, mencapai USD 3000. Dan sekarang pekerja ini telah membuat solusi dari masalah temannya tersebut, dan hanya berharga USD 299 saja.

Dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Korea Selatan, dengan nama yang sama. Jam tangan ini bukan sekedar jam biasa, yang hanya mampu menunjukan waktu. Dot adalah smartwatch canggih yang dikhususkan untuk membantu penyandang tunanetra untuk menjalani kesehariannya.

Baca juga: Inilah 6 Teknologi Canggih yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Layar smartwatch braille ini menggunakan empat sel braille yang bisa bergerak secara dinamis. Dan pengguna dapat memilih sejumlah opsi kecepatan perubahan angka di layarnya. Smartwatch ini dapat menerima pesan teks maupun panggilan dari berbagai macam aplikasi ponsel.

Selain itu Google Maps juga bisa tersinkronisasi dengan smartwatch ini. Tentunya arahan yang diberikan bukan hanya sekedar teks, namun juga suara. Untuk inputnya, Dot dilengkapi dengan layar sentuh, beberapa tombol di sampnig, dan melalui perintah suara.

Bagian terhebat dari smartwatch braille ini adalah, dikembangkan dengan sistem Open API alias setiap orang bisa mengembangkannya secara bebas. Terakhir, pengguna smartwatch Dot juga bisa mengirimkan pesan-pesan sederhana memakai tombol yang terletak di bagian samping gawai ini.

Memang sudah banyak alat canggih yang dibuat untuk membantu orang buta. Namun, kebanyakan alat yang sudah ada sejak dulu ini diinput menggunakan suara. Hal inilah yang menjadi masalah, karena tidak semua penyandang tunanetra menyukai pemakaian headphone ke manapun.

Sehingga Dot Smartwatch dapat menjadi solusi keterbatasan setiap alat pembantu yang sudah ada. Dan terlebih harga Smartwatch Braille ini tidaklah terlalu mahal, yaitu USD 299 atau sekitar Rp 4,2juta saja.

Sumber: BoredPanda

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *