Kominfo: Aturan IMEI Belum Akan Terbit Pada 17 Agustus

imei info
Foto: samsung.com

Teknologi.id – Aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) dipastikan tidak akan diterbitkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus yang jatuh pada hari Sabtu esok hari.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail mengatakan bahwa penandatanganan peraturan menteri (Permen) terkait aturan IMEI ini tidak dilakukan besok.

Baca juga: Regulasi Blokir IMEI Tidak Berlaku untuk Laptop

“Kalau besok enggak, karena tandatangan harusnya hari kerja,” kata Ismail seperti dikutip dari detikINET, Jumat (16/8/2019).

“Waktu pasnya belum bisa dipastikan karena masih menunggu kesiapan bapak-bapak menteri yang akan tandatangan,” imbuhnya.

Kominfo sendiri pada awal bulan ini telah membuka konsultasi publik terkait Permen (Peraturan Menteri) mereka.
Proses konsultasi publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (RPM) tentang Pembatasan layanan telekomunikasi bergerak seluler pada alat dan/atau perangkat telekomunikasi berlangsung sejak 2-6 Agustus 2019.
RPM ini yang nantinya akan jadi acuan bagi pemerintah untuk menonaktifkan jaringan di smartphone ilegal atau black market (BM) yang tentunya setelah melakukan koordinasi dengan operator seluler.

Baca juga: Aturan IMEI Segera Diberlakukan, Begini Nasib Ponsel Warga Negara Asing

Ketika aturan berlaku, maka ponsel-ponsel dari pasar gelap atau black market (BM) dengan IMEI yang tak terdaftar di Kemenperin akan dinonaktifkan dari layanan jaringan telekomunikasi di Indonesia.
Dijelaskan bahwa  aturan ini akan berlaku ke depan, aturan tak akan berlaku bagi ponsel-ponsel yang telah digunakan. Pasalnya ponsel yang telah diaktifkan terdaftar di basis data operator.
Meski aturan tidak diterbitkan esok hari, pemerintah akan tetap mengejar proses penandatangan aturan IMEI tersebut pada bulan Agustus ini. 
(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending