Sejumlah Seri Apple MacBook Pro Dilarang Masuk Pesawat

Fahad Mulyana . August 15, 2019
Teknologi.id - Lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat (AS), FAA melarang para penumpang membawa MacBook Pro tertentu ke dalam kabin pesawat. Dilansir dari laman Reuters, Kamis (15/8/2019), langkah ini diambil FAA setelah Apple menarik sejumlah unit MacBook Pro dengan seri tertentu yang mempunyai masalah baterai sehingga berisiko terbakar. "FAA menyadari adanya penarikan baterai yang dipakai di sejumlah laptop Apple MacBook Pro. Pada awal Juli kami memperingkat sejumlah maskapai mengenai penarikan tersebut, dan kami menginformasikannya ke publik," tulis FAA dalam pernyataan resmi. 

Baca juga: Induk Perusahaan Google Ungguli Apple Jadi Perusahaan Terkaya Dunia

Laptop yang dimaksud adalah MacBook Pro 15 inci yang dirilis pada pertengahan tahun 2015. Perangkat ini juga dipasarkan antara tahun 2015 hingga 2017. Larangan membawa MacBook Pro itu dilayangkan FAA sebagai himbauan agar para maskapai penerbangan mematuhi peraturan keselamatan penerbangan. Meski demikian, belum bisa dipastikan bagaimana metode yang nantinya digunakan para petugas bandara atau maskapai penerbangan untuk mengecek MacBook Pro yang dibekali dengan baterai yang mudah terbakar itu. Namun sedikit gambaran, salah satu grup maskapai penerbangan Eropa, TUI Airlines, bakal menghimbau penumpang terkait larangan membawa MacBook Pro terdampak pada boarding gate dan sebelum penumpang take-off.

Cara cek MacBook Pro termasuk yang bermasalah atau tidak

Apple mengklaim tidak semua laptop MacBook Pro 15 inci (2015) memiliki baterai yang bermasalah. Sebagaimana dilansir dari Bloomberg, di AS ada sekitar 432.000 unit MacBook Pro yang memiliki baterai bermasalah, sementara di Kanada ada sekitar 26.000 unit.

Baca juga: MacBook Pro 13 Inci dengan Touch Bar Dirilis, Ini Spek dan Harganya

Untuk mengetahui apakah perangkat MacBook Pro 15 inci (2015) milikmu bermasalah atau tidak, kamu bisa mengunjungi situs Battery Recall Program milik Apple di tautan berikut ini.  Di situs tersebut, kamu bisa memasukkan serial number produk terkait. Kemudian, kamu akan mendapatkan informasi apakah MacBook Pro milikmu dibekali dengan baterai yang mudah meledak atau tidak.  Nah jika iya, maka Apple akan menawarkan penggantian baterai secara gratis dengan sejumlah mekanisme yang tercantum di situs tersebut. (FM)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar