Android 10 Resmi Rilis, Ini Dia Daftar Smartphone yang Dapat Pembaruan

Hasil gambar untuk android 10
Foto: Pikdo.net

Teknologi.id – Google resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, Android 10, ke publik Selasa 3 September 2019, kemarin.

Tak hanya hadir dengan sejumlah peningkatan, mulai dari fitur adaptive battery, kontrol keamanan dan privasi yang lebih baik, Android 10 juga tak lagi menggunakan nama makanan seperti versi-versi pendahulunya.

Perangkat Pixel dipastikan menjadi yang pertama memperoleh pembaruan terlebih dahulu, mengingat deretan smartphone ini merupakan besutan Google. Selain lini Pixel, Essenstial Phone dan Redmi K20 Pro yang sudah memperoleh pembaruan di hari pertama peluncuran.

Baca juga : PANDI Tawarkan Domain my.id Cuma Seharga Rp 14 Ribuan

Lantas, bagaimana dengan smartphone dari pabrikan lain? Dikutip dari Android Central, Rabu (4/9/2019), memang belum seluruh pabrikan mengeluarkan daftar smartphone besutannya yang akan menerima Android 10.

Saat ini, setidaknya baru HMD Global (Nokia) dan Huawei yang sudah mengungkap deretan smartphone miliknya yang akan mendapatkan Android 10. Bahkan, HMD Global sudah mengumumkan jadwalnya ke publik beberapa waktu lalu.

Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas mengatakan gelombang pertama yang akan mendapatkannya adalah Nokia 9 PureView, Nokia 8.1, dan Nokia 7.1. Setelahnya, gelombang kedua akan mulai dirilis pada kuartal pertama 2020.

Pada tahap ini deretan smartphone yang akan mendapatkannya adalah Nokia 8 Sirocco, Nokia 5.1 Plus, Nokia 1 Plus, Nokia 4.2, Nokia 3.2, Nokia 3.1 Plus, dan Nokia 2.2.

Terakhir, Nokia 5.1, Nokia 3.1, Nokia 2.1, dan Nokia 1 akan mendapatkan Android 10 pada kuartal kedua 2020.

Baca juga : Huawei Mate 30 Rilis 19 September, Akankah Tanpa Lisensi Android?

Perubahan Nama dan Cara Update Android 10

Nama resmi Android 10 diumumkan pada pekan terakhir sebelum peluncuran. Penetapan nama ini sekaligus merubah kebiasaan Android yang selalu menggunakan nama makanan penutup. 

Alasan perubahan nama tersebut karena nama makanan penutup tidak selalu dipahami oleh semua orang di komunitas global.

Nah, untuk pengguna smartphone yang telah berada dalam daftar smartphone yang menerima pembaruan, bisa langsung melakukan update. Caranya dengan memilih opsi ‘system update’ yang ada pada menu setting di ponsel, Settings -> System -> Advanced -> System Update. Tunggu hingga prosesnya selesai, dan Android versi terbaru pun sudah bersemayam di smartphone-mu.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending