Film Sci-Fi Terbaik yang Banyak Orang Belum Tonton

Pecinta film mungkin sudah tidak asing lagi dengan Sci-Fi. Yap, Sci-Fi adalah singkatan dari Science Fiction atau arti bahasa indonesianya fiksi ilmiah. Sci-Fi adalah genre film yang mempunyai ciri khas yaitu elemen imajinasinya berkaitan dengan science ataupun kemajuan teknologi yang berdasar kepada hukum alam, hukum-hukum biologi, kimia, fisika dan lain-lain.

Genre Sci-Fi menampilkan cerita yang seru, keren dan membuat penonton berpikir di sepanjang film saat film diputar. Dengan berbekal ilmu sains yang begitu kuat, kita pasti bertanya-tanya apakah mungkin yang ada di film itu terjadi atau bahkan ada di dunia nyata?

Setiap Minggu, IndieWire akan meminta beberapa kritikus film pilihan yang akan mengkritik film dengan jawaban dari dua pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pihak IndieWire. Dua pertanyaan tersebut akan diterbitkan hasilnya keesokan harinya yaitu pada hari senin. Bocoran untuk pertanyaan kedua yaitu “Apa film terbaik di bioskop saat ini?”

Jadi, kali ini, Teknologi.id akan membahas deretan film Sci-Fi terbaik menurut survey kritik IndieWire yang banyak orang belum menontonnya,  Berikut daftarnya:

Annihilation

Foto: Junkee

Sangat disayangkan film ini batal tayang di Indonesia karena dinilai terlalu pintar untuk penonton awam dan didukung oleh visual megah dan tema yang berani, film Annihilation membawa teka-teki yang terus menghantui bahkan setelah penayangan filmnya selesai.

Menurut Caryn James, film yang dibintangi oleh Natalie Portman dan dibuat oleh sutradara Alex Garland (Ex Machina) ini adalah film paling cerdas yang dihasilkan dari genre fiksi sains akhir-akhir ini. Bagi pecinta film fiksi, kedatangan film Annihilation merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2017.

Film Annihilation bercerita tentang sekelompok ilmuwan yang harus masuk ke sebuah wilayah terkontaminasi di Amerika Utara bernama Area X. Berbekal cerita yang rumit dan visualisasi yang tidak gampang, pada akhirnya Garland berhasil membuat film ini. Pada penayangan terbatas di akhir tahun 2017 lalu, banyak kritikus film yang memuji film ini. Baik dari segi cerita, visualisasi dan arahan sutradara Garland. Akting dari para aktris di film tersebut juga layak diacungi jempol. Terutama akting Portman dan Rodriguez.

Namun, penonton nampaknya tidak sependapat dengan para kritikus film. Saat penayangan terbatas, tidak banyak penonton yang datang. Hal ini diduga terjadi karena film tersebut dianggap terlalu rumit bagi kebanyakan penonton awam. Karena takut mengalami kerugian, distributor film Annihilation, Paramount Picture membuat sebuah kesepakatan untuk hanya merilis film tersebut di pasar Amerika dan China.

Advantageous

Foto: Kickstarter

Film Advantageous adalah film yang bergenre drama fiksi ilmiah, film ini disutradarai oleh Jennifer dengan skenario yang ditulis oleh Jacqueline Kim dan Jennifer Phang. Film ini dirilis terbatas oleh Netflix pada tanggal 23 Juni 2015.

Film ini hadir dengan dunia baru yang penuh spekulatif, beberapa tipuan tangan yang jernih dan keyakinan bahwa di masa depan akan ada ancaman terbesar, bukan menjadi robot atau alien tetapi ancaman keras yang sama yang menghantui planet ini sejak dahulu kala.

Sebagian besar cerita melibatkan perjuangan Gwen untuk mengamankan masa depan yang aman bagi putrinya, Jules (Samantha Kim), seorang gadis berusia sekitar 12 tahun. Masa-masa sulit meskipun perlu beberapa saat untuk mencari tahu betapa buruknya kehidupan.

Phang memiliki cara dengan suasana hati dan interior yang seram dan Kim sebagai pemain membuat pengiring yang bagus. Ini adalah tantangan untuk melihat seberapa efektif Phang menciptakan masa depan ketika dia belum menemukan cara mengubah semua ide cerdasnya menjadi fitur yang sepenuhnya disadari.

Creation of the Humanoids

Foto: Medium

Film Terbaik? tidak juga, tapi yang pasti salah satu film yang paling menarik. Film independen ini (Genie Productions) sangat mengejutkan untuk film dengan anggaran yang rendah. Film dengan set sederhana dan tulisan yang di atas rata-rata. Creation of the Humanoids adalah drama fiksi ilmiah yang sangat bijaksana. Ini bukan film aksi dan tidak menampilkan efek khusus.

Film ini menceritakan perang nuklir yang telah menghapus sebagian besar umat manusia dan radiasi menyebabkan tingkat kelahiran menurun drastis. Dalam film ini ditemukan robot cerdas untuk mengatasi masalah-masalah tersebut melalui beberapa iterasi yang telah dirancang secara perlahan untuk terlihat semakin mirip dengan manusia.

Kemudian, sebuah robot ditemukan yang terlihat dan bertindak persis seperti manusia. Diketahui bahwa seorang ilmuwan telah bereksperimen dengan mentransfer kesadaran seseorang ke tubuh robot. Robot yang mirip manusia itu benar-benar tidak menyadari apa pun telah terjadi. Siapa robot? apakah dia robot? apakah saya robot? dan apakah itu satu-satunya cara untuk benar-benar menyelamatkan manusia saat manusia menuju kepunahan?

Creation of the Humanoids adalah sci-fi klasik 60-an yang murah di mana sebagian besar waktu dihabiskan berdiri di sekitar dalam set berdinding kardus kecil. Itu lucu ketika Anda membandingkan ini dengan sesuatu seperti The Earth Dies Screaming tahun 1964, yang hidup dan penuh aksi dibandingkan dengan film ini.

Les Creatures

Foto: Ciné-Tamaris

Les Creatures garapan Agnes Varda adalah film yang kompleks dan penonton akan terhipnotis. Film ini dibuat bagaimana sebuah fakta dibuat menjadi fiksi. Les Creatures menggambarkan bagaimana fantasi, realitas dan gaya disajikan secara bersamaan oleh penulis film fiksi ini.

Film ini bercerita tentang seorang pria yang memproduksi disk kecil, ketika salah satu dari disk kecil itu dimasukkan ke kantong seseorang, dia akan menjadi robot yang tunduk pada perintah yang memasukkan disk tersebut.

Setengah jalan ke dalam film, penulis membayangkan bahwa salah satu tetangganya yang tinggal di menara, memiliki ruang rahasia yang dipenuhi dengan peralatan elektronik yang dapat mengendalikan tindakan orang. Pria itu menantang penulis untuk permainan catur di mana pion akan menjadi penduduk desa. Aturan yang rumit sudah diatur dan mereka mulai bermain.

Cara mereka memanipulasi kehidupan menyerupai cara pengalaman manusia diperlakukan. Fantasi ini dimainkan dengan latar belakang hubungan Piccoli dengan istrinya yang sedang hamil. Namun, setelah menonton Les Creatures, kita tidak dapat menemukan garis antara cerita dan fantasi. Mungkin itulah yang ingin disampaikan oleh Varda bahwa masa lalu kita adalah faktual, tetapi masa depan kita fleksibel.

Ikarie XB-1

Foto: Festival de Cannes

Ikarie XB-1 diproduksi oleh Filmove Studio Barrandov, studio film utama Cekoslovakia dan salah satu yang terbesar dan paling baik di Eropa. Produksi film Ikarie adalah sumber utama produksi film di negara ini. Ikarie adalah profil tinggi untuk studio yang telah dibuktikan oleh biaya yang masuk ke dalam pemeran besar film. Beberapa set yang mengesankan yang terdiri dari banyak interior pesawat ruang angkasa tituler Ikaria.

Ikaria adalah nama Ceko untuk Icarus yang ketika kamu memikirkannya tidak terlalu bagus untuk sebuah nama kapal semacam itu. Ikarie XB-1 didasarkan pada tulisan-tulisan dari penulis fiksi ilmiah Polandia Stanislaw Lem. Film ini menceritakan kisah ekspedisi dua setengah tahun Ikaria untuk mencari kehidupan di planet-planet Alpha Centauri. Ikaria telah dirancang sebagai semacam kota yang ditanggung ruang angkasa, dengan kru multi-generasi dari empat puluh orang yang membentuk semacam komunitas di dalamnya. Ada indikasi bahwa kru itu sendiri adalah sesuatu dari sebuah eksperimen.

Ikarie XB-1 versi asli dibuat tidak menggunakan bahasa Inggris yang diretas atau dikarang, dan semua sumber menunjukkan bahwa ini adalah salah satu film fiksi ilmiah terbaik yang pernah keluar dari blok Timur. Jika Anda tidak dapat menemukan versi subtitle untuk ditonton, itu tidak masalah. Tidak ada dialog yang benar-benar bermakna. Film ini dipenuhi dengan sentuhan-sentuhan unik yang membuat penonton terhibur.

Jadi, Apakah Anda tertarik untuk menontonnya? nst

Baca juga: 5 Software Aplikasi Terbaik untuk Presentasi Saat Offline

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *