Competition COMPFEST X: Ready to Challenge Yourselves?

Ajang Competition dari COMPFEST X akhirnya berakhir dengan tahap final yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 September lalu. Ada lima final yang diselenggarakan di saat yang bersamaan, yaitu final untuk kompetisi Indie Game Ignite, Business-IT Case (BizzIT), Chatbot Invasion, Capture the Flag, dan Competitive Programming Contest. Final tersebut diadakan di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia dan Hotel Santika Depok.

Lantas, seseru apa sih, final dari kompetisi-kompetisi COMPFEST X ini? Simak di bawah ini yuk!

Indie Game Ignite (IGI)

Rangkaian final kompetisi IGI pada tahun ini dibagi menjadi dua, yaitu Indie Camp pada hari Sabtu dan presentasi finals IGI serta Awarding Night pada hari kedua. Indie Camp tahun ini menghadirkan oleh dua pembicara profesional dari industri gaming Indonesia. Seminar pertama disampaikan oleh Josep Immanuel, Technical Lead di Melon Gaming, mengenai “Game Engine in a Nutshell” dan “History of Game Engine, dan seminar kedua disampaikan oleh Rudy Rachmat Indrawanto, CEO & Founder dari Vifth Floor mengenai “Game as a Business” . Diantara kedua segmen pembicara, para peserta juga mengadakan exhibition dari game yang mereka buat.

Hari kedua final IGI diisi dengan presentasi dari 15 tim finalis. Tim-tim ini mempresentasikan game mereka kepada para juri. Masing-masing kelompok diberi waktu 20 menit untuk mempresentasikan game mereka terhadap para juri dan mendemokan game tersebut. Lalu presentasi diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Business-IT Case (BizzIT)

Seperti IGI, Final BizzIT dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September, dan Minggu, 16 September. Terdapat lima tim yang berhasil lolos ke tahap final BizzIT. Peserta diberikan materi oleh pembicara yang berpengalaman sebelum mereka diminta untuk menyelesaikan case yang diberikan.

Finalis melakukan sesi mentoring di hari pertama dengan pembicara Mbak Dilla, Product Manager Grab. Beliau memberikan materi mengenai Steps to Solve Business-IT Case in a Good Way. Sesi kedua dilanjutkan oleh Mas Apung, Engagement Manager dari McKinsey. Materi yang diberikan berjudul Tackling Every Business Problems with Good Decision Making. Finalis kemudian dikarantina selama 12 jam di Hotel Santika Depok setelah sesi mentoring.

Hari kedua dilaksanakan di Hotel Santika Depok. Finalis diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kepada para juri yang hadir, yaitu Christian Nugroho selaku Senior Product Manager Traveloka, Mardhika Agung Riadi selaku Management Consulting Manager Accenture, dan Teddy Asril selaku Public Sector dan International Donor Organization Manager Deloitte. Setelah presentasi selesai, tim dimobilisasikan untuk menghadiri Awarding Night.

Chatbot Invasion (CI)

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Integrating Smart City Through a Chatbot App”. Peserta menghadiri mentoring sebelum diharapkan untuk mempresentasikan karya mereka. Hari pertama dimulai dengan Keynote Speech oleh mentor-mentor Chatbot Invasion, yaitu Fakhrur Ridha selaku Head of IT Development Jakarta Smart City, Randy Moedahar selaku Vice President of Product BJtech, Arra Primanta selaku Chief Marketing Officer BJtech, dan Fauzan Helmi S. selaku LINE Product Manager. Acara dilanjutkan dengan sesi mentoring bersama masing-masing mentor untuk para peserta.

Hari kedua final CI dimulai dengan pengundian urutan presentasi masing-masing peserta. Peserta dinilai dan diberikan feedback oleh juri yaitu Fakhrur Ridha, Fauzan Helmi S., Bambang Susilo selaku Founder & Chief Research and Development BJTech, dan Egy Saptiadi selaku Qiscus Business Team. Para peserta dimobilisasikan menuju Awarding Night setelah kompetisi selesai.

Capture the Flag (CTF)

Berbeda dari kompetisi sebelumnya, final CTF hanya diadakan pada hari Minggu. Terdapat 10 tim yang berhasil masuk ke tahap final CTF. Pada tahap final, selama 6 jam tanpa henti, para finalis saling bersaing untuk mengerjakan soal-soal yang ada dan menyerang sistem keamanan tim lawan. Tipe soal yang digunakan untuk final merupakan attack-defence. Setelah final selesai, peserta dimobilisasi menuju Awarding NIght.

Competitive Programming Contest (CPC)

Final dari CPC dilaksanakan pada hari yang sama dengan final kompetisi lainnya, baik kategori Junior maupun Senior. Hari pertama merupakan final dari JCPC. Acara dimulai dengan registrasi dan briefing untuk peserta. JCPC ini diikuti oleh 25 peserta dari kalangan SD sampai SMA dan dilaksanakan secara individual. Peserta mengerjakan soal selama 5 jam, dengan 6 problem set yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Soal kemudian dibahas ketika kompetisi selesai. Pemenang dari JCPC merupakan Phillo Hambali Tunru dari SMA K Penabur Gading Serpong.

Hari kedua merupakan Final dari SCPC yang diikuti oleh 20 tim yang terdiri dari mahasiswa D3, S1, atau S2. Acara juga dimulai dengan registrasi dan briefing. Kontes dilaksanakan selama lima jam tanpa jeda. Setiap tim yang berhasil mengerjakan satu soal akan dipasangkan balon di mejanya. Peserta diharapkan dapat menyelesaikan 8 problem set. Peserta kemudian dimobilisasi menuju Awarding Night.

Awarding Night

Awarding Night menjadi acara penutup pada rangkaian acara Competition. Pemenang dari masing-masing kompetisi diumumkan pada acara ini. Pemenang dari IGI adalah Tim Black Fox Studio untuk Best Game Experience, Tim Gleo Games untuk Best Game Design, Tim Eggion untuk Best Visual, Tim Olock untuk Best Sound, Tim the Slitrians untuk Best Mechanic, Darryl untuk Student Award, dan Tim TicTech untuk Game of the Year.

Pemenang dari BizzIT adalah Tim Baltefik Consulting dengan Tim Komobik dan Tim Phoenix sebagai First dan Second Runner Up. Best Speaker diraih oleh Johan Poernomo.

Untuk CI, Public Runner Up jatuh kepada Tim Chatcity dan Student Runner Up jatuh kepada Tim Hotel Tentrem. Public Champion jatuh kepada Tim Botbotenbae dan Student Champion jatuh kepada Tim DiKampus.

Juara dari kompetisi CTF dimenangkan oleh Tim Mata-Mata Arkavidia. First Runner Up diraih oleh Tim RevID dan Second Runner Up diraih oleh Tim Langit pun Menangid. Tim POETIR berhasil meraih predikat sebagai Honorable Mention 1 dan Tim V sebagai Honorable Mention 2.

Juara dari SCPC COMPFEST X jatuh kepada Tim JatenG PRiDe. First Runner Up diraih oleh Tim Tukang Nasi Goreng dan Second Runner Up diraih Tim Initial D. Honorable Mention diraih oleh Tim Edward’s Squad.

Dengan demikian, berakhirlah rangkaian acara Competition COMPFEST X. Terima kasih kepada seluruh peserta, sponsor, dan media partner yang telah membantu lancar jalannya acara ini. Sampai jumpa di Competition tahun depan!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *