Battery Health iPhone Ternyata Tidak Akurat?

Beby . October 11, 2021


Foto: Unsplash


Teknologi.id - Persentase battery health iPhone yang menurun dari waktu ke waktu ternyata tidak menentukan kapasitas baterai iPhone yang sebenarnya, menurut video yang diposting oleh Payyete Forward di Youtube menunjukkan bahwa persentase Battery Health iPhone yang diperkenalkan pertama kali di iOS 11.3 ternyata tidak berfungsi dan diklaim tidak akurat.


Di dalam videonya narator membandingkan antara iPhone XS dengan iPhone 12 Pro. iPhone XS memiliki 83% battery health sedangkan iPhone 12 Pro memiliki 100% battery health. Perubahan yang terjadi pada battery health tidak menjadi indikator kemampuan baterai pada kedua model iPhone ini, perbedaan ini terjadi karena iPhone 12 Pro telah melewati 97 siklus pengisian daya pada saat diuji dibandingkan dengan iPhone XS yang telah melakukan 466 siklus pengisian daya. 


Mengapa Apple menunjukkan persentase battery health 100% pada iPhone 12 Pro meskipun telah melakukan 97 siklus pengisian daya padahal Apple sendiri mengatakan bahwa “Baterai lithium-ion akan menyebabkan kapasitasnya sedikit berkurang dengan setiap siklus pengisian daya baterai”.


Menurut video yang diposting Payyete Forward sebaiknya Apple menggunakan kapasitas terukur untuk memperkirakan berapa banyak masa pakai baterai yang tersisa di iPhone. Tidak semua baterai memiliki kapasitas yang sama, karena reaksi kimia yang terjadi saat menghasilkan energi, baterai akan memberikan kapasitas yang bervariasi kepada penggunanya.



[BSA]

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler