Ubah Video Standar Menjadi Slow Motion dengan AI

Fahad Mulyana . April 16, 2019
Research at NVIDIA_ Transforming Standard Video Into Slow Motion with AI screenshot (1) Teknologi.id - Para peneliti dari Nvidia telah mengembangkan sistem berbasis deep-learning yang mampu membuat video slow-motion berkualitas tinggi dari video standar 30fps. Mengungguli berbagai metode canggih yang bertujuan untuk melakukan hal yang sama. Para peneliti telah mempresentasikan hasil kerja mereka di konferensi CVPR tahunan di Salt Lake City, tahun lalu. “Ada banyak momen mengesankan dalam hidup yang mungkin ingin kita rekam dalam slow-motion. Seperti momen pertama kali kita berjalan, trik skateboard yang sulit, atau seekor anjing yang menangkap bola, ” Tulis para peneliti dalam sebuah makalah penelitian.

Baca juga: GauGAN, AI yang Mampu Ubah Sketsa menjadi Foto Realistis

"Meskipun mungkin untuk mengambil video 240fps dengan smartphone. Namun merekam video dalam frame-rates yang tinggi tidaklah praktis. Karena memerlukan penyimpanan dan intensif daya yang lumayan besar." jelas tim. Dan kini, siapapun dapat membuat slow-motion dari video standar yang telah mereka rekam menggunakan kamera biasa maupun ponsel. Dengan menggunakan GPU NVIDIA Tesla V100 dan framework dalam PyTorch yang dipercepat cuDNN. Tim melatih sistem mereka dengan lebih dari 11.000 video aktivitas sehari-hari dan olahraga, yang direkam dengan kecepatan 240 fps. Dan setelah dilatih, sistem pun mampu untuk memprediksi frame tambahan berdasarkan frame yang sudah ada.
Tim juga mendemonstrasikan sistem buatannya dengan video dari kanal Youtube The Slow Mo Guys, salah satu chanel hiburan youtube yang memamerkan video slow motion. Sistem milik NVIDIA bahkan mampu memperlambat video tersebut hingga 4x lipat. Meski secara teknis, footage yang dipakai merupakan sebuah video slow-motion. (FM)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar