Mozilla Luncurkan Layanan VPN Firefox, Gratis dan Lebih Aman

VPN Firefox
Foto: Liliputing

Teknologi.id – Mozilla resmi mengumumkan layanan baru yang dapat memberi pengguna Firefox lebih banyak privasi di web. Layanan tersebut bernama Firefox Private Network. VPN ini diklaim lebih aman dan akan melindungi penelusuran web dengan enkripsi.

VPN ini berbasis browser Firefox, artinya aktivitas yang “dilindungi” VPN hanya yang diakses melalui peramban itu saja. Pengguna bisa memanfaatkanya ketika mengakses Firefox dengan koneksi WiFi publik dan memblokir pelacak iklan.

Baca juga: Dilengkapi VPN dan Cloud Storage, Firefox Siapkan Browser Berbayar

Sayangnya, saat ini Firefox Private Network baru tersedia dalam versi beta dan baru bisa dicoba oleh pengguna Firefox di AS saja. 

Pihak Mozilla belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan versi beta Firefox Private Network akan tersedia secara global.

Untuk mendapatkan VPN Firefox, pengguna harus log in ke akun Firefox lebih dulu. Firefox Private Network bisa diunduh melalui laman resminya. Setelah terpasang, akan muncul ikon kecil di toolbar yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan VPN.

Dilansir dari The Verge, Jumat (13/9/2019), Firefox Private Network dapat diunduh secara gratis dalam waktu yang ditentukan, tetapi mengisyaratkan bahwa layanan tersebut dapat sewaktu-waktu berubah menjadi berbayar.

Firefox Private Network sendiri merupakan proyek pertama dari program Uji Coba Firefox yang direvitalisasi.

Baca juga: Hati-hati! VPN Gratis di Android Banyak yang Berbahaya

Program tersebut dulunya berfokus pada pengujian yang melibatkan pengguna mencoba lebih banyak fitur eksperimental seperti tab vertikal, kini Mozilla memusatkan program tersebut untuk menguji produk baru yang berfokus pada privasi.

Namun, sekarang Mozilla agaknya memang ingin serius dengan bisnis layanan VPN. CEO Mozilla, Chris Beard, baru-baru ini mengatakan ingin menawarkan layanan langganan berbayar untuk fitur “premium” yang masih dirahasiakan bulan Oktober nanti.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending