Gmail Kini Punya Fitur Koreksi Grammar dan Ejaan, Begini Cara Pakainya

gmail
Foto : 9to5google.com

Teknologi.id – Google ingin memastikan bahwa setiap email yang pengguna kirim sudah sempurna dalam hal tata bahasa dan ejaan. Oleh karena itu, Google memperkenalkan dua fitur baru untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa (grammar) dan ejaan di Gmail. 

Melalui fitur ini, pengguna akan dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang akan memberikan saran untuk membetulkan kesalahan ejaan maupun kesalahan tata bahasa yang dilakukan pengguna.

Baca Juga: Gmail untuk Android Kedatangan Mode Gelap, Begini Tampilannya

“Kami memperkenalkan kemampuan koreksi ejaan dan tata bahasa baru Gmail untuk membantu Anda menulis email dengan cepat dan percaya diri,” tulis Google dalam blog resminya.
Jika pengguna mengaktifkan fitur ini, AI akan otomatis bekerja untuk memberikan saran koreksi ketika pengguna mengetik teks di Gmail. Sayangnya, fitur ini baru dapat memproses teks yang ditulis dalam Bahasa Inggris saja.

Cara Gunakan Fitur Koreksi

new-gmail-spell-check-2baru-gmail-periksa ejaan

Berikut langkah yang harus kamu ikuti agar bisa menggunakan fitur koreksi ejaan dan tata bahasa.
  • Masuk ke akun Gmail milikmu
  • Buka opsi Setting
  • Pilih opsi General pada bagian atas kolom
  • Selanjutnya, nyalakan atau matikan alat-alat berikut sesuai keinginan: ‘Grammar’, ‘Spelling’, ‘Autocorrect’
Setelah pengguna menyalakan fitur koreksi, AI akan langsung memberikan saran koreksi ketika pengguna melakukan kesalahan ketik ejaan maupun grammar.

Baca juga: Cara Mengirim Email Rahasia dengan Gmail

Saat pengguna melakukan kesalahan grammar atau tata bahasa, pada kalimat yang salah akan muncul garis biru. Sementara itu, di bawah kata-kata yang salah eja akan muncul garis merah. Selain itu, ada pula garis putus-putus yang menunjukkan kalimat atau kata yang telah pengguna pilih untuk dikoreksi.
Gimana, mudah kan caranya? Selamat mencoba!
(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending