Blocks, Aplikasi 3D Modeling Persembahan Google

Image result for blocks google

Proses menciptakan objek 3D, atau yang dikenal dengan istilah 3D modeling, bukanlah hal yang mudah. Kompleksitasnya pun akan semakin terasa saat harus mengerjakannya di layar 2D. Menurut Google, 3D modeling akan jauh lebih mudah apabila dilakukan dalam lingkup 3D juga, yaitu VR. Maka dari itu, mereka pun menciptakan sebuah aplikasi bernama Blocks.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan menggunakan HTC Vive dan Oculus Rift. Jauh sebelum ini sudah ada Tilt Brush, tapi tujuan yang ingin dicapai Google dengan Blocks sejatinya lebih spesifik karena hanya melibatkan 3D modeling saja. Perbedaannya, jika Tilt Brush berbayar, namun Blocks disediakan secara gratis oleh google.

Yang lebih istimewa lagi, Google mengklaim bahwa aplikasi buatannya sangat mudah digunakan, bahkan oleh pengguna yang tidak punya pengalaman 3D modeling sebelumnya. Lebih mirip membuat model dengan Lego atau mainan sejenisnya ketimbang software 3D modeling kalau kata Google.

Pengguna awalnya hanya akan berhadapan dengan bangun ruang biasa. Lalu dengan bantuan sejumlah tool dan palet warna, pengguna dapat menciptakan objek 3D apapun yang mereka mau, mulai dari sebatas buah semangka, robot ala Gundam yang lebih kompleks, sampai pemandangan perkotaan atau hutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *