Segera Uninstall! Aplikasi CamScanner Disusupi Malware Berbahaya

aplikasi camscanner
Foto: newsfounded.com

Teknologi.idPara peneliti keamanan di Kaspersky Lab baru-baru ini melaporkan telah menemukan malware berbahaya berjenis Trojan Dropper di aplikasi CamScanner.

Aplikasi yang terdapat di platform Android dan iOS ini kabarnya sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Oleh karenanya, hal ini menjadi perhatian Kaspersky. 

Baca juga: Catat! 8 Tips Keamanan WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

Dilansir dari blog resmi Kaspersky, Kamis (29/8/2019), pihak Kapersky menyebut bahwa mereka mendeteksi malware yang ada di aplikasi Camscanner sebagai Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n.

Malware yang juga banyak ditemukan di smartphone-smartphone pabrikan China ini diketahui mengekstrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi.

Sebagai contoh, malware berbahaya ini bisa memunculkan iklan-iklan yang mengganggu dalam smartphone pengguna. Selain itu, juga bisa mendaftarkan mereka pada layanan berlangganan berbayar tanpa persetujuan.

Kaspersky telah melaporkan temuannya ini ke Google. Google merespon cepat laporan tersebut dan saat ini aplikasi CamScanner dihapus dari Google Play.

Baca Juga: Ciri Ponsel Terkena Malware dan 5 Langkah Hilangkan Malware di Ponsel

Sementara itu, menanggapi laporan yang ada, pihak pengembang CamScanner diketahui telah menyingkirkan malware berbahaya dalam aplikasi mereka dengan memberikan update baru.

Meskipun demikian, Kapersky mengingatkan bahwa tiap perangkat biasanya memiliki versi aplikasi berbeda, sehingga masih ada kemungkinan kalau CamScanner yang mereka pakai mengandung malware berbahaya.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending