Twitter Segera Rilis Fitur Andalan Mirip Facebook, Apa itu?

Fabian Pratama Kusumah . September 11, 2021

Foto: CNET

Teknologi.id – Twitter dikabarkan kini sedang menguji coba fitur terbarunya yang bernama Communities atau Komunitas.

Fitur ini membuat pengguna bisa berinteraksi di kelompok yang memiliki ketertarikan sama, kurang lebih mirip seperti grup Facebook atau forum Reddit.

Fitur ini dikembangkan setelah banyak ketertarikan dan hobi yang berkembang di Twitter, seperti Book Twitter, Crypto Twitter, Skincare Twitter, dan lainnya.

“Mulai hari ini kami menguji coba Komunitas, cara baru untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama Raising hands”

“Saat ini Komunitas tersedia untuk sekelompok kecil peserta grup uji coba awal di iOS dan web. Android tersedia sebagai versi read-only,” cuit akun resmi Twitter Indonesia.

Cara kerja fitur komunitas ini mudah. Untuk masuk ke dalam sebuah komunitas, pengguna harus diundang oleh moderator atau anggota lain.

Seperti pada grup Facebook, setiap komunitas akan memiliki moderator yang berperan peraturan dan mengatur fokus percakapan.

"Ada kemungkinan komunitas sneakers akan melarang tweet tentang sandal atau bisa juga sebuah komunitas tentang anjing tidak memperbolehkan anggotanya membagikan gambar kucing," tulis Twitter.

Begitu pengguna bergabung dengan sebuah Komunitas, mereka dapat mengirimkan cuitan yang ditujukan untuk semua anggota komunitas, bukan hanya followers mereka.

Foto: ideahuntr

Baca juga: Ini Keunggulan Pospay, Layanan Digital Milik Pos Indonesia

Meski cuitannya bersifat publik, hanya anggota komunitas yang bisa membalas, menyukai atau me-retweet cuitan.

Pengguna yang ingin masuk dalam sebuah Komunitas harus mendapatkan undangan dari anggota lain yang sudah bergabung di dalam komunitas.

Jadi proses bergabung ke Komunitas Twitter memang lebih sulit ketimbang grup Facebook yang bisa langsung masuk tanpa undangan.

Saat ini fitur Komunitas baru tersedia di aplikasi Twitter untuk iOS dan Twitter.com. Pengguna iOS bisa mengakses fitur ini lewat tab Communities sedangkan pengguna web bisa melihat tab ini di sidebar.

Pengguna Android saat ini hanya bisa membaca cuitan di Komunitas. Namun Twitter mengatakan mereka akan menambahkan lebih banyak fitur dalam waktu dekat.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar