Viral! Rumah Prabowo Berubah Jadi ‘Republik Kertanegara’ di Google Maps

Viral! Rumah Prabowo Berubah Jadi 'Republik Kertanegara' di Maps
Foto: liputan6

Teknologi.id – Nama kediaman calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, tampak berubah di aplikasi peta digital Google Maps. Lokasi rumah yang terletak di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu kini memiliki nama “Republik Kertanegara”.

Lokasi rumah kediaman Prabowo Subianto itu pada dasarnya sudah lama muncul di Google Maps, sebagaimana lokasi-lokasi lain pada umumnya. Namun, tidak memiliki nama khusus.

Baca juga: Viral! Video Siap Presiden Ramai Dibuat Netizen

Yang lantas bikin viral adalah lokasi rumah di Jalan Kertanegara IV itu kini diketahui memiliki nama “Republik Kertanegara”. Tak hanya itu, bahkan sebelumnya juga sempat dilaporkan rumah tersebut diubah namanya menjadi “Istana Presiden Republik Kertanegara” di Google Maps. Selain itu, di Jalan Kertanegara juga tampak sebuah lokasi yang ditandai sebagai “Republik Rakyat Kertanegara”.

Sebagai informasi, rumah Kertanegara sering dijadikan Prabowo sebagai tempat berkegiatan politik, selain kediamannya di Hambalang. Di depan rumah yang berlokasi di Jalan Kertanegara IV itu pula Prabowo mendeklarasikan kemenangan dalam Pilpres 2019 usai hari pencoblosan, walaupun sebagian besar hitung cepat (quick count) mengunggulkan capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi).

Mengingat data Google Maps juga lazim digunakan oleh layanan ojek online (ojol), maka kehadiran “Republik Kertanegara” dan nama-nama lain semacamnya pun ikut muncul sebagai titik antar/jemput di aplikasi ojol. Kejadian ini pun sempat ramai jadi bahasan.

Baca juga: Prabowo Pilih Teknologi Lama Asal Kekayaan Tak Lari ke Luar Negeri

Nama tempat di Google Maps sendiri bisa diubah oleh siapa pun. Ketika sebuah alamat dibuka di Maps, terdapat sebuah opsi bernama “Suggest an edit”.

Siapa pun bisa melakukan pengeditan, termasuk mengubah nama, serta rincian lainnya seperti kategori tempat dan nomor telepon. Kemudian pihak Google akan melakukan peninjauan.

Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *