Viral Munculnya Prakerja.org, Begini Tanggapan Pengelola Kartu Prakerja

Teknologi.id . May 18, 2020

Teknologi.id - Baru-baru ini viral di berbagai media mengenai kemunculan situs Prakerja.org. Pasalnya situs tersebut menyediakan konten pelatihan yang sama dengan program Kartu Prakerja dari pemerintah namun dengan nol biaya, alias gratis.

Dikutip dari deskripsi situs Prakerja, kehadiran situs tersebut memanglah sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah khususnya terhadap program Kartu Prakerja yang dinilai tidak terlalu efektif dan cenderung memboroskan anggaran di tengah situasi krisis akibat pandemi COVID-19.

Menanggapi kemunculan situs Prakerja.org tersebut, Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, ada yang membedakan program Kartu Prakerja dari pemerintah dengan Prakerja.org terutama dari segi akuntabilitas dan prospek kedepannya.

Baca juga: Kartu Prakerja Banyak Polemik, Kini Muncul Kursus Online Gratis Prakerja.org

Panji menambahkan meski para peserta yang mendapatkan Kartu Prakerja juga tidak dijamin bisa langsung mendapat pekerjaan, tetapi melalui program ini, calon pencari kerja bisa mengasah skill-nya terlebih dahulu. 

"Di dalam perekonomian normal pun saya kira ijazah S1 tidak ada jaminan dapat kerja. Di masa sulit ini, jika ada pendidikan/pelatihan yang bisa menjamin dapat kerja, kami ingin mengundang untuk bergabung menawarkan modul di Kartu Prakerja," kata Panji dikutip dari Kompas.com, Senin (18/5).

Selain itu, Panji mengatakan ke depannya, program Kartu Prakerja juga akan bekerja sama dengan sektor usaha untuk mengadakan program place and train.

Sehingga nantinya, selain mendapatkan pelatihan, para peserta juga akan mendapat kesempatan untuk mengikuti tes penempatan di berbagai tempat usaha.

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky. Foto: Rakyat Merdeka

Panji pun membuka diri bila ada pihak-pihak yang kompeten untuk mendonasikan modulnya dalam ekosistem Kartu Prakerja sehingga semakin banyak pilihan yang tersedia di masyarakat.

"Jika memiliki keahlian dan kualifikasi untuk dibagikan ke peserta Kartu Prakerja, silakan gabung jadi lembaga pelatihan di ekosistem Kartu Prakerja. Terbuka, tentunya harus memenuhi syarat dan kewajiban," kata Panji.

Baca juga: Kartu Prakerja Tawarkan Latihan Instal Windows 10 Seharga Rp 260 Ribu, Netizen Heboh

Sebelumnya viral di berbagai media mengenai kemunculan situs Prakerja.org yang menyediakan materi kursus dan pelatihan online yang sama ditawarkan pelatihan berbayar Kartu Prakerja, namun bedanya Prakerja.org menggelar pelatihan tersebut tanpa pungutan biaya apapun alias gratis!

Beberapa netizen pun menyindir Kartu Prakerja yang sampai pekan lalu telah menghabiskan anggaran hingga Rp 195 miliar dari total anggaran Rp 20 triliun. Mereka pun menyebut jika ada yang gratis, kenapa harus mengikuti yang berbayar?

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar