Video Indira Kalistha Diblokir, Kominfo Bakal Tindak Secara Hukum?

indahmutiayudt . May 20, 2020

Video kontoversial Indira Kalistha. Foto: YouTube/Gritte Agatha 

Teknologi.id - Video viral yang menampilkan Youtuber Indonesia, Indira Kalistha meremehkan keseriusan pandemi COVID-19, langsung diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menurut keterangan dari Menteri Kominfo Johnny G. Plate pada konferensi pers Selasa (19/5) malam, selain memblokir videonya, Kemenkominfo juga sedang melakukan profiling agar dapat ditindak sesuai aturan hukum apabila diperlukan.

"Sekarang lagi dilakukan profiling, apa yang harus dilakukan secara hukum melalui penegakan hukum kalau itu dibutuhkan. Jadi tidak dibiarkan," pungkasnya.

Profiling sendiri merupakan alat investigasi yang digunakan oleh lembaga penegak hukum untuk mengidentifikasi kemungkinan tersangka dan menganalisis pola yang dapat memprediksi tindak pidana dan korban di masa depan.

Baca juga: Viral Mal CBD Ciledug Dibanjiri Pengunjung di Tengah PSBB

Sebelumnya, di berbagai media, sosok Youtuber Indira Kalistha mendadak viral setelah diundang sebagai bintang tamu pada acara video podcast milik Gritte Agatha pada 13 Mei 2020 lalu. Dalam video tersebut, Gritte dan Indira sedang membahas situasi di Indonesia karena efek COVID-19 ini.

Namun, mengejutkannya Indira Kalistha tiba-tiba memberikan pernyataan yang bernada meremehkan betapa seriusnya situasi akibat COVID-19 di Indonesia.

"Aku tipe yang, Corona? B aja," ujar Indira.

Indira pun melanjutkan pernyataannya bahwa dia juga tidak memakai masker ketika bepergian dan juga tidak pernah mencuci tangan.

"Aku sih, jarang pake masker ya. Kalau sheet mask gitu sih aku pake tiap hari. Tapi kalau masker yang ditutupin gitu gak pernah pake, kecuali ditegur dan disuruh pake. Tapi kalo nggak, ya aku gak pake," lanjut Indira santai.

Baca juga: Riset: Seberapa Efektif PSBB di Jakarta?

Pernyataan Indira tersebut lantas memancing kemarahan netizen di berbagai media sosial. Netizen menyayangkan sikap Indira sebagai seorang influencer dengan jutaan pengikut namun malah memberikan contoh yang seolah-olah meremehkan resiko COVID-19.

Setelah mendapat hujatan bertubi-tubi, Indira kemudian membuat video permintaan maaf melalui channel YouTube milik Deddy Corbuzier.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar