TikTok akan Rilis Fitur Baru untuk Dapatkan Uang, Mau Coba?

Fabian Pratama Kusumah . October 29, 2021

Foto: News Buddy

Teknologi.id – Tidak hanya YouTube, kini TikTok menjadi aplikasi yang banyak digunakan kreator untuk menghasilkan uang.

Kabar baiknya, para kreator bakal bisa dapat uang langsung dari platform TikTok. Sebab perusahaan sedang mengujicobakan tool baru untuk membuat pengguna bisa memberikan tip pada kreator langsung dari profil.

Informasi ini didapatkan kreator TikTok, Jera Bean. Dalam video yang dibagikannya terlihat uang diberikan pada kreator langsung masuk ke individu tersebut.

Dilansir dari the Verge, dengan begitu berarti TikTok tak ambil bagian dari uang yang diberikan pengguna pada para kreator.

Akan tetapi, ada sejumlah syarat untuk bisa mendapatkan uang tersebut. Dari tangkapan layar aplikasi terlihat akun harus punya setidaknya 100 ribu followers.

Baca Juga: Facebook Ganti Nama Jadi Meta, ini Alasan dan Artinya

Selain itu juga harus memenuhi kriteria usia dan setuju pada persyaratan tip TikTok. Mereka juga bisa mengajukan permohonan pada tool.

Meski begitu, sampai saat ini belum jelas apakah semua orang yang mengajukan pasti akan disetujui oleh Tiktok.

Dari video yang dibagikan Jera Bean berikutnya, terlihat proses pengajuan cukup cepat. Akunnya saat ini menampilkan tombol 'tips' dan mengarahkan pengguna pada laman untuk bisa memberikan tip.

Terdapat opsi besaran pemberian tip yakni US5, US$10, dan US$15. Bisa juga menuliskan sendiri besarannya dengan minimal US$1.

Menariknya, jika kamu tidak ingin ketahuan memberikan tips, pengiriman itu juga memungkinkan tip dikirimkan secara anonim.

Pihak TikTok juga telah buka suara soal hal ini. Juru bicara perusahaan menyatakan pihaknya selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai dan pengalaman pada platform.

"Kami selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok," kata dia dilansir dari CNBC Indonesia.

Selain kreator, pemberi tip juga punya persyaratan. Mereka harus berusia 18 tahun ke atas untuk bisa memberikan uang.

Sebagai catatan fitur ini masih di ujicoba secara terbatas. TikTok juga menolak memberitahu seberapa luas cakupan fitur tersebut. Kita tunggu saja.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar