Tak Lagi Terkaya di Dunia, Harta Elon Musk 'Anjlok' Rp 189 T

Teknologi.id . January 12, 2021
Foto: Forbes


Teknologi.id - Diberitakan sebelumnya, pada 8 Januari lalu, Elon Musk resmi dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, setelah pada penutupan perdagangan bursa AS Kamis (7/1/2021) harga saham produsen mobil listrik Tesla naik 5% hingga membuat harta kekayaan Musk tembus US$184 miliar.

Namun rupanya predikat tersebut hanya bertahan dalam waktu singkat saja. Berita terbaru, Pendiri dan CEO Tesla tersebut kini sudah bukan orang terkaya di dunia lagi. Predikat orang paling kaya sedunia saat ini kembali disandang oleh pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

Elon Musk tak lagi jadi orang terkaya di dunia akibat harga saham Tesla anjlok 8% pada perdagangan bursa saham Amerika Serikat (AS), Senin (11/1/2021). Harta kekayaannya pun berkurang US$13,5 miliar atau setara Rp 189 triliun menjadi US$176,2 miliar.

Sementara itu, harga saham raksasa e-commerce Amerika Serikat, Amazon turun 2% pada perdagangan Senin dan harta kekayaannya berkurang US$3,6 miliar. Meski sama-sama turun, total kekayaan Jeff Bezos saat ini masih di angka US$182,1 miliar atau US$6 miliar lebih banyak dari Elon Musk, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (12/1/2021).

Sepanjang satu tahun terakhir ini, total harta kekayaan Elon Musk memang tumbuh signifikan. Hal itu karena selama 18 bulan terakhir ia telah menjadi pemberitaan utama karena tindakan dan omongannya dan pengaruhnya pada saham Tesla hingga membuat nilai kapitalisasi pasar perusahaan menjadi US$750 miliar.

Dikutip dari CNBC International, pada awal 2020 lalu Harta Elon Musk tercatat baru mencapai US$27 miliar. Ia bahkan tak masuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia.

Baca juga: Enam Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Berbisnis

Harga saham Tesla yang meningkat hingga sembilan kali lipat dalam setahun terakhir membuat kekayaan Elon Musk bertambah US$150 miliar lebih.

Total kekayaan Elon Musk melewati Warren Buffett pada bulan Juli 2020 untuk menjadi orang terkaya ketujuh di dunia. Kemudian pada bulan November, Elon Musk melewati Bill Gates untuk menjadi orang terkaya kedua. Total kekayaan bersih Bill Gates mencapai $ 132 miliar.

Sumber kekayaan Elon Musk utamanya adalah dari kepemilikan 20% saham di Tesla, serta dari SpaceX (perusahaan pembuat roket luar angkasa) dan Boring Company (perusahaan pembuat alat transportasi super cepat).

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler