Permasalahan Marketing Funnel pada B2B? Ini Solusinya!

Steven Christian Chandra . May 12, 2022

Program Studi Jurusan Bisnis Universitas STEKOM

Permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan perusahaan B2B adalah permasalahan dalam hal Marketing, dimana perusahaan kurang efektif dalam memasarkan jasa ataupun produk mereka secara terotomatisasi dan cepat. Secara keseluruhan, perusahaan harus mampu meningkatkan marketing funnel.  

Maka untuk meningkatkan marketing funnel dan jumlah sales dari perusahaan, terdapat satu konsep yang dapat diterapkan, yaitu konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Konsep AIDA merupakan strategi pada setiap tahap dari konsep tersebut sehingga marketing funnel perusahaan dapat berjalan secara maksimal. Customer journey mulai dari awareness yaitu penerimaan informasi, lalu interest yaitu masyarakat mulai tertarik dengan informasi produk, setelah itu desire yaitu ia mulai menginginkan produk tersebut, hingga tahapan terakhir action yaitu masyarakat mulai melakukan tindakan untuk menjadi customer perusahaan.  

Pada setiap strategi yang diusulkan, kami telah menyesuaikan dengan model bisnis B2B (business to business) sehingga strategi dibawah layak untuk dipertimbangkan untuk diterapkan pada bisnis anda.

                                                   

  • Awareness

Pembuatan Workshop

Dengan adanya pelaksanaan workshop, perusahaan akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen-konsumen mereka. Dan dengan adanya workshop yang dilakukan di instansi-instansi  mereka akan bisa lebih dikenali dan juga sebagai sarana untuk membangun rasa ingin tahu mengenai teknologi bagi para anak muda. 

Dalam workshop digital yang akan diadakan akan diberikan pemaparan tentang Proses pembuatan konten yang menarik, pengenalan mengenai software development ,dan juga website. Workshop yang kami sarankan disini, berbeda dengan workshop yang lain. Bukan saja karena dilakukan secara digital, akan tetapi workshop ini di fasilitasi dengan beberapa kegiatan yang menarik. Salah satu kegiatan itu adalah pemberian giveaway. Dengan adanya event giveaway orang-orang akan lebih tertarik untuk mengikuti workshop.

Manfaat yang dapat diterima oleh perusahaan adalah, secara tidak langsung dalam pembuatan workshop, instansi yang akan didatangi akan memasang iklan di social media  atau banner yang menunjukan bahwa perusahaan anda akan hadir pada instansi tersebut.

Pemanfaatan Virtual Reality

Cara yang selanjutnya dapat dilakukan untuk meningkatkan awareness dan interest adalah dengan pameran secara virtual, bisa kita sebut dengan AR (Abstrak Media Augmented Reality). Dengan adanya pameran virtual, Produk yang dipasarkan akan terpelihara dan dapat diperbaharui. Event pameran dapat memberikan pandangan baru untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas pangsa pasar. 

Proses yang harus dilalui yang paling pertama agar  pameran ini dapat dikenali oleh banyak orang adalah dengan melakukan pemasaran lewat sosial media, dan juga pameran yang dilakukan bukan hanya sekedar pameran biasa tetapi juga dapat menyelipkan event-event yang menarik. 

Manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan penerapan strategi ini yaitu semakin banyak masyarakat yang mendapat informasi mengenai produk perusahaan dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, bahkan bisa meningkatkan keinginan masyarakat menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan.

  • Interest

Peggunaan Mobile Apps

Dengan mengangkat permasalahan yang sedang dihadapi banyak perusahaan B2B dimana tingkat conversion rate platform media sosial yang masih rendah yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan, pembuatan aplikasi menjadi peluang potensial bagi perusahaan B2B untuk menyelesaikan dan mencapai keduanya. 

Hadirnya aplikasi akan lebih memudahkan pengguna ketimbang menggunakan website. Perusahaan dapat menghadirkan aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur menarik sebagai berikut: -Video tutorial dalam penyelesaian masalah teknologi “Bagaimana cara membuat website sederhana?”. Video tutorial dikhususkan kepada pengguna untuk menunjukkan seberapa sulit dalam menggunakan teknologi sehingga pengguna akan lebih cenderung untuk menyerahkan kebutuhan pasarnya pada perusahaan. -Video akademi “Bagaimana cara membuat konten menarik pada website?”. Perusahaan dapat mengatur dan merancang step by step mengenai cara untuk mengedukasi pengguna agar menjadi handal dalam memaksimalkan produk yang dimiliki perusahaan. Fitur ini sebagai benefit tambahan bagi para pengguna yang telah memakai produk dan jasa perusahaan. -Artikel-artikel mengenai perkembangan teknologi “Munculnya metaverse sebagai dunia baru”. Adanya artikel yang dapat diakses semua pengguna mengenai informasi teknologi tentunya akan melengkapi kebutuhan dari pengguna aplikasi.  -Komunitas khusus pasar perusahaan “Community” dimana di dalam komunitas tersebut, semua kendala atau pengalaman dari pengguna yang bergabung dapat dibagikan untuk jadi pelajaran dan pengetahuan bagi pengguna lain.

Hadirnya aplikasi akan memberikan berbagai keuntungan, seperti awareness dan interest publik akan meningkat pesat dan keuntungan yang didapatkan pun dapat meningkat pesat dari jumlah pengguna aplikasi dan jumlah member yang bergabung.

Dalam proses pembuatannya pun tidak perlu terlalu rumit dalam memikirkan konsepnya. Perusahaan dapat menggunakan konsep dari website yang sudah ada dan dikombinasikan dengan konsep aplikasi finansial “Ternak Uang” yang merupakan aplikasi akademik mengenai finansial. Di dalam satu aplikasi terdapat berbagai fitur yang dibutuhkan dan memudahkan pengguna. Nama aplikasi juga sangat penting agar mudah dalam penyebutan dan diingat oleh masyarakat. Tampilan yang menarik dan loading dalam aplikasi yang cepat tentunya menjadi nilai tambah bagi aplikasi. Perusahaan anda juga dapat memakai konsep freemium pada fitur video akademi dan video tutorial bagi pengguna yang pernah membeli dan menggunakan produk dan jasa perusahaan yang dapat diakses melalui playstore atau appstore.

  • Desire

Pelayanan kepada Perusahaan Lain secara Gratis 

Cara efektif lainnya untuk meningkatkan desire dalam marketing funnel yaitu dengan memberikan pelayanan jasa atau produk kepada perusahaan lain. Dengan pemberian produk/jasa yang bagus kepada perusahaan lain, maka perusahaan tersebut akan lebih tertarik untuk membeli dan menggunakan jasa perusahaan anda. 

Proses pelaksanaan strateginya yaitu Perusahaan bisa menghubungkan perusahaan dengan memberikan jasa gratis seperti konsultasi website, pembuatan aplikasi sederhana, dan AR book. Apabila perusahaan tersebut tertarik dan merasa jasa tersebut memperbaiki websitenya (memberi pengaruh yang positif terhadap perusahaan), maka perusahaan yang diberikan jasa otomatis memiliki keinginan untuk memperoleh lagi jasa tersebut. Dengan pelaksanaan strategi ini maka akan meningkatkan marketing funnel dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap Perusahaan karena perusahaan tersebut telah merasakan kinerja dari produk atau servis dari perusahaan.

  • Action

Kemudahan dalam Proses Pembelian

Untuk meningkatkan Action dari calon customer, maka perusahaan dapat juga menggunakan strategi peningkatan Interest yaitu dengan pembuatan aplikasi. Untuk memudahkan proses Action dari calon pelanggan, kami memberikan solusi dengan melengkapi aplikasi dengan Sales Centre.

Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Stevano Christover Tanjaya (2019) bahwa  kemudahan dalam proses pembelian produk dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian pelanggan. Semakin konsumen merasa mudah atau dimudahkan dalam proses maka semakin tinggi Keputusan Pembelian. Sehingga apabila perusahaan anda memberikan kemudahan dalam proses pembelian maka keputusan tindakan untuk membeli atau menggunakan jasa perusahaan menjadi lebih tinggi.

Referensi:

Budiman Marpaung, A. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosidan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 30-31.

Choirunnisa Tuffahati, Z. (2018). Hubungan Promosi Penjualan Amora Yoga Studio terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, 6-8.

Dinandra, M. (2020). Peningkatan Brand Equity Melalui Strategi Marketing Communication Aplikasi Investasi Reksadana "Bibit". Jurnal Kalian Komunikasi, 32-34.

Fatmawati Moekahar, B. H. (2020). WORKSHOP PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS SOCIO-TECHNOPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU. Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatMEMBANGUN NEGERI, 80-84.

Maro’ah, S. (2020). PERAN BUMN DALAM EVENT PAMERAN DAN DAMPAKNYA PADA PEMASARAN PRODUK UMKM. 221.

Putra, M. A. (2020). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand. 337-338.

Stevano Christover Tanjaya, L. M. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan, dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape di Instagram. Jurnal EMBA, 4943.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar