Omicron Makin Merajalela, Begini Cara Klaim Obat Covid-19 Gratis

Teknologi.id . February 14, 2022

Foto: Kompas.id

Teknologi.id - Masyarakat Indonesia saat ini patut mewaspadai ancaman lonjakan kasus Omicron karena dapat menjadi pemicu puncak gelombang 3 pandemi COVID-19.

Wakil Dekan Bidang Kerja Sama Alumni dan Pengabdian Masyarakat FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), Yodi Mahendradhata menyebutkan, sekarang ini varian Omicron sudah menyisihkan Delta dan memprediksi puncak gelombang 3 Covid-19 akan terjadi pada akhir bulan Februari ini.

"Lonjakan kasus ini nyata, kita telah memasuki gelombang 3 dengan puncaknya diprediksikan pada akhir bulan Februari 2022," jelas Yodi sebagaimana dikutip dari laman UGM.

Pemerintah pun tidak berdiam diri dalam persiapannya menghadapi gelombang 3 pandemi Covid-19. Salah satu kebijakannya yakni menggratiskan seluruh biaya perawatan di rumah sakit dan pengobatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan sebagai pasien Covid-19.

Penegasan mengenai pembebasan biaya yang harus ditanggung penderita Covid-19 di RS sudah diatur melalui Surat Edaran Nomor YR.03.03/III/0543/2022 yang dikeluarkan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir pada akhir Januari lalu.

Begitu pun bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri dengan gejala ringan atau tanpa gejala, Kemenkes sudah menyediakan layanan telemedicine dan obat gratis.

Lantas, bagaimana cara mengklaim pengobatan Covid-19 gratis dari pemerintah tersebut?

Baca juga: Benarkah NeoCov Varian Baru Covid-19 yang Mematikan?

Kriteria Pasien yang Dapat Mengklaim Biaya Perawatan Covid-19 di RS

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kriteria pasien yang dapat diklaim biaya perawatannya adalah sebagai berikut:

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP) usia di atas 60 tahun dengan atau tanpa penyakit penyerta dan ODP usia kurang dari 60 tahun dengan penyakit penyerta.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

3. Konfirmasi Covid-19. Kriteria ini berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang dirawat pada rumah sakit di wilayah RI.

Pemerintah akan menanggung seluruh biaya perawatan pasien Covid-19 sampai dinyatakan sembuh atau negatif, serta diperbolehkan pulang oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP).

Cara Klaim Obat Covid-19 Gratis Bagi Pasien Isoman

Sementara, bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri dengan gejala ringan atau tanpa gejala, Kemenkes sudah menyediakan layanan telemedicine dan obat gratis.

Paket obat gratis yang disediakan Kemenkes bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah terdiri dari dua paket. Paket A untuk Pasien Tanpa Gejala berisi multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, dan Paket B untuk Pasien Bergejala Ringan yang terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul atau Molnupiravir 200 mg - 40 tab, dan paracetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

Obat Gratis untuk Isoman COVID-Omicron, Beneran Ada yang Dapat Nggak Sih?
Foto: DetikHealth

Berikut alur untuk mendapatkan obat, dikutip dari laman resmi Kemenkes:

1. Pasien melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

2. Jika hasil tesnya positif, laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR) dan pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

3. Apabila tidak mendapatkan pemberitahuan melalui pesan WA, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri melalui situs https://isoman.kemkes.go.id.

4. Setelah mendapatkan pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring atau online dengan dokter di salah satu dari 17 platform layanan telemedicine.

Cara Menggunakan Telemedicine

1. Tekan tautan yang ada di pesan WA (WhatsApp) dari Kemenkes atau tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

2. Masukan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

3. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep tersebut dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

4. Pasien menunggu kiriman paket obat dan vitamin dari Kemenkes, yang akan dikirimkan melalui ekspedisi SiCepat. Sebagai catatan, hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Begitulah beberapa cara mengklaim obat Covid-19 gratis dari pemerintah, baik untuk pasien positif yang dirawat di rumah sakit atau pun isolasi mandiri di rumah.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar