Minggu Depan, Karantina Perjalanan Luar Negeri Hanya 3 Hari

Tristan . February 15, 2022

Foto: Media Indonesia


Teknologi.id - Mulai di minggu depan, para pelaku perjalanan luar negeri hanya perlu karantina selamat tiga hari.


Selama pandemi ini, dengan tingginya kasus COVID-19, pemerintah kini mengurangi kewajiban karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) dari lima hari, jadi tiga hari saja.


Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa walaupun negara-negara di dunia sudah menerapkan bebas karantina, pemerintah Indonesia masih menerapkan kebijakan karantina selama lima hari.


Kini, karantina perjalanan luar negeri akan hanya jadi tiga hari saja. Namun, hal ini berlaku untuk mereka yang sudah menerima vaksin booster.


“PPLN, baik WNA dan WNI yang telah melakukan booster lama karantina dapat berkurang menjadi tiga hari dengan syarat di antaranya tetap melakukan entry dan exit tes PCR,” ucap Luhut.


PPLN yang sudah selesai tiga hari karantinanya perlu tes lagi di hari kelima sejak kedatangan. Lalu, setelah hari ketiga dan PCR sudah negatif, PPLN sudah boleh keluar. 


Kebijakan ini dapat berlanjut apabila kasus Covid-19 di Indonesia terus membaik. Bahkan, pemerintah juga memiliki rencana untuk menghapus karantina bagi PPLN apabila memungkinkan.


“Apabila kondisi terus membaik dan vaksinasi COVID-19 terus meningkat, mulai 1 April atau sebelum 1 April, PPLN tidak lagi menjalani karantina terpusat,” lanjutnya.


Baca juga: Meta Ancam Akan Menarik Facebook dan Instagram dari Eropa


(TTD)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar