Microsoft Resmi Rilis Kaizala, Coba Saingi WhatsApp ?

Teknologi.id – Microsoft rupanya belum puas walau sudah punya Skype, mereka mengembangkan aplikasi perpesanan lain yang serupa. Namanya Kaizala, yang dinilai mirip WhatsApp.

Aplikasi perpesanan berbasis Azure itu resmi dirilis secara global dan resmi masuk keluarga Microsoft Office.

Kaizala tersedia secara gratis di Android dan iOS. Namun jika kalian tidak menjalankan akun Microsoft Office komersial, kalian akan dikenai biaya bulanan untuk edisi Pro yang punya lebih banyak fitur dibandingkan versi standarnya.

Microsoft berpikir, Kaizala akan melengkapi Skype. Juga menjadi opsi yang lebih baik bagi mereka yang ingin menggunakan aplikasi messenger untuk bekerja, namun tidak terikat selalu berada di meja kerja.

Sepertinya akan sulit bagi Microsoft memperkenalkan Kaizala. Tak hanya Microsoft, penyedia aplikasi chat lainnya pun harus berupaya keras melawan dominasi WhatsApp yang saat ini banyak dipakai orang di seluruh dunia.

Seperti aplikasi chat lainnya, Kaizala sendiri tampak mirip WhatsApp. Bedanya, tidak ada fitur video chat — itu sebabnya Microsoft menyebutnya sebagai pelengkap Skype, dan Kaizala fokus pada enterprise.

Jadi, Kaizala hanya bekerja jika diaktifkan untuk domain perusahaan dan akan berganti secara default.

Tampilan Kaizala. Kredit : Microsoft

Salah satu pengguna awal Kaizala adalah perusahaan layanan ride sharing Grab. Oktober lalu, Grab dan Microsoft sepakat melakukan kemitraan strategis, salah satunya penggunaan Kaizala di lingkungan Grab.

Grab memanfaatkan Microsoft Kaizala, yang disebutnya sebagai aplikasi dan layanan mobile untuk komunikasi kelompok skala besar dan manajemen pekerjaan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim Layanan Konsumen di Grab.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *