Lebih Dari Split Screen, Ini Keunggulan ‘Multi Resume’ Android Terbaru

Teknologi.id – Fitur “Split Screen” sejatinya bukan hal baru di smartphone Android. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses dua aplikasi sekaligus. Hanya saja, fitur tersebut belum bisa dikatakan sempurna. Pasalnya, pengguna tak bisa mengoperasikan keduanya secara simultan. Satu aplikasi pasti akan berjeda (pause) sementara yang lainnya aktif.

Google paham kegundahan masyarakat akan Split Screen, sehingga mengembangkannya lebih lanjut pada Android Q melalui fitur “Multi-Resume”.

Hal tersebut diumbar VP Engineering Google, Dav Burke, di ajang Google Developer Summit. Multi-Resume juga merupakan bentuk dukungan Andorid Q ke ponsel lipat yang diprediksi menjadi tren 2019.

Pengguna benar-benar disuguhkan pengalaman multi-tasking yang hakiki. Pengguna bisa memutar video YouTube di satu jendela, mengobrol maya via aplikasi pesan singkat di jendela kedua, serta berselancar di media sosial di sisi lainnya.

Perbandingan tampilan antara Split Screen dan Multi Resume. Kredit : Digit.in

Tentu saja fitur ini bukan untuk semua orang, sehingga penerapannya pun opsional. Ada beberapa orang yang malah kebingungan ketika harus multi-tasking.

Terlepas dari itu, Google dari tahun ke tahun konsisten meningkatkan kemampuan multi-tasking di Android. Agaknya ini menjawab kebutuhan sebagian masyarakat modern yang ingin semuanya serba-cepat dan serba-sekaligus.

Google pertama kali memperkenalkan “Multi-Window” di Android Nougat yang bisa berbentuk “Split-Screen” atau “Freeform”. Lalu di Android Oreo dimunculkan fitur “Picture-in-Picture”.

Selanjutnya, kita tunggu saja bagaimana “Multi-Resume” memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat milenial nanti.

(DWK)

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *