Korsel Bakal Berikan Vaksin Dosis Keempat di Bulan Februari

Tristan . February 16, 2022

Foto: Liputan6


Teknologi.id - Korea Selatan bakal memberikan vaksin COVID-19 dosis keempat di tengah melonjaknya kasus pada bulan Februari ini. 


Pemberian vaksinasi ini hanya untuk mereka yang termasuk ke dalam kelompok berisiko tinggi, yaitu mereka akan menerima gelombang pertama vaksinasi. Pemerintah setempat juga akan memfasilitasi jutaan alat tes mandiri.


Hal tersebut dilakukan karena kasus positif yang mengalami kenaikan. Di samping itu, vaksin booster pertama memang sangat membantu menekan angka infeksi maupun kematian.


“Kami berencana memberi suntikan keempat pada mereka yang tinggal di panti jompo dan fasilitas kesehatan lain, serta mereka yang kekebalan tubuhnya menurun, melihat kenaikan infeksi di kalangan orang berusia 60 tahun ke atas,” ucap Menteri Kesehatan, Kwon Deok-cheol.


Pada saat ini, setidaknya terdapat 44,22 juta orang atau sebanyak 86,2 persen populasi di Korea Selatan sudah menerima dua dosis vaksin.


Dua penelitian baru dari Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menunjukkan bahwa efektivitas vaksin akan menurun dalam waktu empat bulan. Spesifiknya, mereka melakukan penelitian pada vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna.


Walaupun seperti itu, CDC menegaskan vaksin COVID-19 masih sangat aman dan memberi perlindungan yang tinggi terhadap risiko gejala berat. Hasil studi tersebut memperkuat pentingnya pemberian dosis vaksin tambahan.

Sebuah studi ini juga menunjukkan efektivitas vaksin terhadap potensi rawat inap akibat COVID-19. Karena, mereka yang sudah mendapat dosis booster memiliki risiko yang lebih kecil untuk perawatan gawat darurat.


Baca juga: Ikuti Trend, McDonald’s Buat Restoran Pertama di Metaverse


(TTD)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

1 Komentar