Jadi yang Pertama di Eropa, Northvolt Rakit Baterai Pertamanya!

Fikriah Nurjannah . December 30, 2021

foto : reuters.com

Teknologi.id – Northvolt Swedia mengatakan pada hari Rabu (29/12) bahwa gigafactory barunya di Swedia utara telah merakit sel baterai pertamanya, dan menjadikannya perusahaan Eropa pertama yang merancang dan memproduksi baterai di benua itu.

Sel pada baterai tersebut memiliki format sel prismatik, serta berbagai baterai yang lebih tipis dan lebih ringan. CEO Northvolt Peter Carlsson telah mengatakan kepada Reuters bahwa pabrik baru akan memproduksi baterai tahun ini "bahkan jika itu berarti baterai pertama dibuat pada Malam Tahun Baru".

"Apa yang kami lakukan kemarin adalah mengambil beberapa sel melalui seluruh proses perakitan sel, dari awal sampai akhir, sebagai bagian dari commissioning mesin," kata seorang juru bicara.

Baterai pertama akan disimpan oleh Northvolt untuk pengujian dan validasi lebih lanjut, dan kemudian sebagai trophy, katanya.

Commissioning dan peningkatan pabrik akan berlanjut hingga 2022, saat pengiriman customer komersial pertama akan dilakukan, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pabrik tersebut terletak di kota industri kecil Skelleftea di kluster tambang dan sumber daya mineral utama Swedia. Sejarah penambangannya, tidak terkecuali untuk emas, memberinya julukan "Kota Emas"

Perusahaan menargetkan pabrik Skelleftea untuk mencapai kapasitas produksi 60 gigawatt hours (GWh) karena menargetkan setidaknya 20-25% pangsa pasar di Eropa pada tahun 2030.

Perusahaan telah menerima kontrak senilai lebih dari $30 miliar dari customer seperti BMW, Fluence, Scania, Volkswagen, Volvo Cars dan Polestar.

Northvolt akan bersaing dengan Tesla dan pembuat baterai Asia seperti Panasonic, LG Chem dan CATL.

(fnj)

author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar