Intel Resmi Umumkan Modem 5G Pertamanya

Teknologi.id – Enam bulan lebih cepat dari jadwal, Intel telah meluncurkan modem Intel XMM 8160 5G, chip yang berpotensi menggerakkan iPhone di tahun 2020 mendatang.

Meskipun baru tersedia tahun 2019, Intel telah mengumumkan modem baru 5G, chipset pendukung data seluler dari 2G ke atas.

Modem Intel XMM 8160 5G dirancang untuk mengoptimalkan konektivitas 5G ke PC, broadband access gateways, bahkan mungkin iPhone 5G. Dalam beberapa kasus, model ini diprediksi menjadi tiga hingga enam kali lebih cepat daripada modem LTE yang saat ini mendukung hingga enam gigabyte per detik.

Teknologi ini “memungkinkan untuk mendesain perangkat yang lebih kecil dan hemat daya” sekaligus menyediakan konektivitas untuk perangkat LTE dan 5G. Untuk lebih menyederhanakan konektivitas perangkat, modem ini akan mendukung penggunaan gelombang milimeter yang muncul dari spektrum serta pita frekuensi rendah yang memungkinkan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi.

Meskipun beberapa perusahaan elektronik bekerja dengan modem 5G Qualcomm, Intel masih berhasil memenangkan salah satu yang terbesar yaitu Apple. Jika modem ini dirilis dan dikirimkan sesuai rencana, 2020 mendatang iPhone kemungkinan akan menampilkan modem ini secara eksklusif. Ini akan sama seperti lineup Iphone XS yang mendukung chip Intel XMM 7560.

Modem Intel XMM 8160 5G ini akan mulai dikirim pada paruh kedua tahun 2019. Sedangkan perangkat komersial yang nantinya menggunakan chipset ini dijadwalkan akan tersedia pada awal 2020 Mendatang.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *