Google Hapus Aplikasi Anti-China yang Viral

Sutrisno Zulikifli . June 03, 2020

Remove China Apps (Foto: Techcrunch)



Teknologi.id
- Aplikasi anti-China mendadak viral belakangan ini. Pada toko aplikasi Google Play Store, aplikasi bernama "Remove China Apps" itu merupakan yang paling banyak diunduh dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Bahkan, aplikasi yang bertujuan untuk mendeteksi aplikasi-aplikasi buatan pengembang asal China itu, sempat heboh d Australia dan India.

Aplikasi itu dikembangkan oleh startup India, OneTouch AppLabs. Remove China Apps sudah diunduh lebih dari 5 juta kali hanya dalam 10 hari setelah diluncurkan.

BACA JUGA: PayPal dan Facebook Resmi Menjadi Investor untuk Gojek

Diduga, pembuatan aplikasi itu bermotif politik. Terlebih, aplikasi itu makin banyak diunduh oleh orang India, kala hubungan kedua negara semakin memanas karena bentrokan di perbatasan kedua negara.

Diwartakan TechCrunch, perusahaan di balik aplikasi Remove China Apps tidak jelas. Website perusahaan masih menggunakan layanan WordPress dan tidak dijelaskan apa yang mereka maksud atau kriteria yang digunakan untuk menentukan "aplikasi buatan China".

Google tampaknya tak mau dikaitkan dalam polemik ini. Google selaku penyedia aplikasi itu di toko aplikasinya, langsung menghapus pada Rabu (3/6/2020), setelah aplikasi tersebut semakin menjadi perbincangan.

Laporan Phonearena, yang dikutip dari Android Authory, aplikasi anti-china itu memiliki satu juta pemasangan terdaftar hingga akhir hari Minggu dan jumlah itu melonjak menjadi lima juta kemarin.

Situs web pengembang menyatakan bahwa tujuan pembuatan aplikasi adalah untuk mendukung seruan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk "Atm Nirbhar Bharat" atau India yang mandiri.

Pengembang menyatakan bahwa Remove China Apps akan membantu orang untuk mendukung 'Atm Nirbhar Bharat' dengan mengidentifikasi negara asal aplikasi yang diinstal di ponsel mereka. Pengembang juga menyebut aplikasi aman untuk dipasang karena tidak meminta izin dari ponsel Anda.

BACA JUGA: Terungkap! Begini Cara Mengetahui Orang yang Menyimpan Foto Instagram Kita

Android Authority menguji Remove China Apps dan menemukan bahwa ia mengambil TikTok dan Xiaomi's Mi Remote pada ponsel Android, tetapi gagal menandai PUBG Mobile dari pengembang China Tencent Games. Ini juga tidak berfungsi dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya yang diinstal pada smartphone China.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya