Garuda Indonesia dan Citilink akan Dilengkapi WiFi Gratis

Teknologi.id – Rabu (14/11) Garuda Indonesia Group bekerjasama dengan PT Mahata Aero Teknologi (Mahata) mengumumkan kerjasama peluncuran fasilitas free inflight connectivity yang akan dapat dinikmati oleh para penumpangnya mulai tahun 2019 mendatang.

Dengan kerjasama tersebut, nantinya pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Untuk menyediakan layanan ini, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan layanan internet selama penerbangan. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Layanan konektivitas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

“Teknisnya 50 MB per penumpang, untuk semua penumpang,” ujar Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus P Lampe.

Garuda Indonesia Group luncurkan Free Wifi. Kredit : Alinea

Lebih lanjut, layanan WiFi ini gratis dan penumpang tidak dikenakan biaya apapun, termasuk tidak dibebankan ke harga tiket.

“Layanan tetap akan gratis dan ada bisnis model yang akan kita terapkan, jadi jika kuota habis akan ada option tambahan yang akan dilakukan oleh penumpang,” ujar Direktur Utama Mahata Aero Teknologi, Muhamad Fitriansyah.

Enam bulan persiapan

Karena butuh persiapan untuk pemasangan layanan WiFi di dalam pesawat, maka dibutuhkan waktu sekitar enam bulan persiapan bagi Garuda Indonesia. Sehingga dalam waktu enam bulan kedepan diperkirakan akan ada 8 pesawat Garuda Indonesia yang dilengkapi dengan layanan WiFi gratis.

“Jadi nanti semua domestiknya Garuda akan free WiFi. Kalau sekarang, layanan WiFi gratis Garuda hanya ada diruter penerbangan internasional saja, domestiknya enggak,” ujar Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo.

WiFi gratis dapat dinikmati lebih dulu oleh para penumpang pesawat Citilink karena layanan WiFi di maskapai tersebut dipasang bulan Desember.

“Kalau Citilink akan dimulai di 28 Desember ini, satu pesawat terlebih dahulu, bulan Januari satu, terus secara bertahap,” ujar Juliandra.

Layanan WiFi gratis ini baru dapat digunakan oleh para penumpang ketika pesawat sudah berada di atas ketinggian 30.000 kaki.

“Layanan WiFi ini diperbolehkan pada saat sudah berada di ketinggian 30.000 kaki. Sedangkan saat landing, take off, atau taxing, WiFi akan mati secara otomatis,” ujar Fitriansyah.

Selain itu, layanan WiFi ini belum tersedia di pesawat-pesawat jenis ATR miliki Garuda Indonesia. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan akan ada layanan WiFi lain di pesawat-pesawat lain yang dimiliki oleh maskapai tersebut.

“Sementara ini karena keterbatasan pesawatnya (ATR) yang sangat kecil, dan peralatan itu belum fleksibel untuk dipasang di ATR. Nanti solusinya akan ada yang lain,” tandas Nicodemus.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *