Layanannya Sempat Tumbang, Facebook Minta Maaf Lagi

facebook minta maaf
Foto: Recode

Teknologi.id – Pada Minggu (14/4/2019) petang, layanan milik Facebook dilaporkan tumbang secara bersamaan. Layanan tersebut meliputi Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Akibatnya, ketiga aplikasi itu tidak dapat diakses puluhan juta pengguna di berbagai negara. Namun, kini ketiga layanan tersebut sudah kembali normal.

Baca juga: Whatsapp Error, Saatnya Pindah Line dan Telegram?

Meski kini sudah berfungsi normal, Facebook akhirnya memberi pernyataan resmi terkait masalah tersebut. Facebook mengaku bahwa seluruh layanan miliknya memang sempat bermasalah. Karenanya, mereka meminta maaf pada para pengguna.

“Beberapa pengguna layanan mungkin mengalami masalah pada sambungan koneksi pada aplikasi kami. Masalah ini telah diselesaikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujar juru bicara Facebook kepada Reuters.

Sebelumnya, dari laporan situs error Down Detector hari Minggu sore, WhatsApp dilaporkan tidak bisa diakses oleh banyak penggunanya sejak pukul 17.00 WIB.

Baca juga: 5 Akun Instagram dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia

Namun masalah yang terjadi Minggu petang memang tidak separah sebelumnya. Berdasarkan Downdetector.com mengindikasikan bahwa ada lebih dari 12.000 orang yang melaporkan masalah dengan Facebook.

Sementara pada puncak gangguan, ada 3.000 orang pengguna yang melaporkan masalah koneksi pada WhatsApp. Sementara ada 7.000 orang lapor akses ke Instagram bermasalah.

Tagar WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Trending Topic Dunia

whatsapp error
Foto: tech.digitalarc.lk

Pada saat bersamaan, pengguna ketiga aplikasi menumpahkan keluh kesahnya di Twitter. #whatsappdown pun langsung merajai trending topic di Twitter.

Kebanyakan twit dari pengguna bertanya-tanya mengapa layanan mereka bisa tumbang tiba-tiba. Lainnya marah-marah karena tidak dapat mengakses media sosial kesayangan mereka, dan beberapa berkelakar Twitter jadi tempat larinya pengguna tiga layanan tersebut tumbang.

WhatsApp Web Tidak Bisa Diakses

Foto: el john news

Pada web.whatsapp.com misalnya, situs tak bisa dibuka sama sekali. Sementara saat menggunakan aplikasi, pesan yang dikirim tidak terkirim ke penerima.

Begitu juga dengan Facebook web yang tak bisa diakses. Sedangkan aplikasi Facebook tidak bisa memuat berbagai notifikasi masuk.

Laman Instagram pun mengalami masalah serupa. Kami tidak bisa membuka laman Instagram web. Begitu pula dengan Instagram versi aplikasi yang tidak bisa dimuat.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *