ELT Pesawat Lion Air JT 610 Ditemukan, Apa Fungsinya ?

Teknologi.id – Setelah sebelumnya tidak ditemukan pancaran sinyal, TIM SAR akhirnya menemukan Emergency Locator Transmitter (ELT) Lion Air JT610.

ELT berhasil ditemukan pada kedalaman 30 meter, dengan kondisi tertimbun pasir dan lumpur.

Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto mengatakan, penemuan ELT dilakukan penyelam gabungan di bawah koordinasi Basarnas.

“Ini hasil yang ditemukan kemarin oleh penyelam gabungan yang di bawah koordinator Basarnas, cuma karena waktunya, jadi baru kita turunkan hari ini,” kata Bambang, Senin (5/11/2018).

“Itu sudah tertimbun juga dengan pasir dan lumpur di kedalaman 30 meter. Lokasinya di sekitar kita menemukan FDR,” ungkapnya.

Apa itu ELT ?

ELT atau Emergency Locator Transmitter adalah suatu perangkat suar penentu lokasi pesawat. Organisasi Internasional menyebutnya sebagai Emergency Locator Beacon Aircraft (ELBA).

ELT pesawat Lion Air JT 610 yang berhasil diangkat dari kedalaman 30 meter. Kredit : mediaindonesia

ELT mempunyai fungsi yang penting dalam sebuah pesawat. Benda tersebut mengingatkan pilot ketika menyimpang dari jalur yang telah ditentukan dan juga menentukan lokasi pesawat ketika terjadi keadaan darurat.

“Dia (ELT) posisinya dalam kokpit, dengan satu lagi ada filght direction untuk menentukan arah penerbangan. Ketika pilot mungkin menyimpang dari track-nya, dia (ELT) akan mengetahui, oh saya sudah keluar jalur,” ujar Bambang.

“Jadi mengingatkan pilot untuk tetap berada di jalur penerbangan,” sambungnya.

Namun demikian, keberadaan Cockpit Voice Recorder (CVR) alias rekaman suara kokpit masih dalam pencarian. Sedangkan Flight Data Recorder (FDR) alias data penerbangan sudah berhasil ditemukan.

“(ELT) bisa jadi salah satu indikatornya (titik koordinat), tapi yang paling penting FDR dan CVR,” tegas Bambang.

Artikel yang berhubungan : Kecelakaan Lion Air JT 610, Pengamat Sebut Tak Ada Pesawat Sempurna

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *