Elon Musk Akhirnya Meminta Maaf Karena Menghina Penyelam Gua di Thailand

Teknologi.id – Tiga hari setelah menyebut Vernon Unsworth sebagai seorang “pedo”, akhirnya Elon Musk telah mengeluarkan permintaan maaf kepada penyelam Inggris yang berpartisipasi dalam penyelamatan tim sepak bola Thailand yang terperangkap.

“Kata-kata saya diucapkan dalam kemarahan,” tulis Musk di Twitter pada hari Rabu. “Saya minta maaf kepada Mr. Unsworth dan kepada perusahaan-perusahaan yang saya wakili sebagai pemimpin. Kesalahannya adalah milik saya dan saya sendiri.”

Diberitakan dari The Independent, pada mulanya Musk terlihat sangat marah saat kapal selamnya disebut tidak berguna hingga akhirnya Bos Tesla tersebut melayangkan hinaan pada penyelam Inggris yang merupakan anggota tim penyelamat anak-anak yang terjebak di gua Thailand.
Unsworth sebelumnya mengatakan dalam suatu wawancara bahwa kapal selam yang dirancang oleh tim ahli Tesla dan SpaceX itu tidak akan bisa melalui celah sempit di gua Tham Luang.
“Kapal selam itu jelas tidak akan berguna. Dia tidak tahu seperti apa ruangan gua. Kapal selam itu, saya yakin, punya panjang sekitar 2 meter, kaku, jadi tidak bisa melalui sudut atau halang rintang berbelok,” ujar Unsworth.
Diliputi amarah, Musk menyebut penyelam Inggris itu “pedo guy“. Pedo adalah istilah untuk seseorang dengan pedofilia alias pria dewasa penyuka anak-anak, namun tidak diketahui atas dasar apa Musk mengatakan hal ini.
“Tidak masalah, kami akan memasukkan kapal selam mini ke gua 5. Maaf ‘pedo guy‘, kau yang memintanya,” kata Musk dalam Twitternya, Minggu (15/7). Namun kini cuitan tersebut telah dihapus oleh Musk. Gua 5 sendiri adalah ruangan di mana anak-anak itu berlindung.
Tak hanya mengatakan bahwa kapal selam milik Musk tidak berguna, Unsworth juga mengatakan bahwa Musk diusir oleh petugas sesaat setelah datang ke Tham Luang. Namun pernyataan ini disanggah oleh Musk dengan mengatakan bahwa dia justru diajak oleh angkatan laut Thailand untuk masuk ke dalam gua. Pernyataan ini Musk lontarkan dalam Twitternya yang kini telah dihapus.
Musk juga mengatakan bahwa saat penyelamatan kondisi air telah surut akibat bantuan pompa sehingga anak-anak itu mudah dikeluarkan.
“Volume air sangat rendah dan tetap (tidak mengalir) – kau bisa berenang ke Gua 5 tanpa alat, seperti cara anak-anak itu masuk. Saya menantang kalian menunjukkan video penyelamatan akhir,” ujar Musk. nks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *