Bukan Smartphone, Huawei Pamerkan Mobil Tanpa Sopir Bertenaga Android

Ponsel Android dijadikan komputer untuk mengontrol mobil self-driving (Foto: BGR)

Logo Huawei terpampang jelas di Mobile World Congress 2018, namun mereka sama sekali tidak mengumumkan smartphone atau gadget sejenis. Sebagai gantinya, perusahaan asal China ini mendemonstrasikan mobil kemudi sendiri alias self-driving di luar gedung.

Mobil Porsche tersebut disulap agar bisa mengenali lingkungan dan menentukan arahnya sendiri. Menariknya, mereka tidak menggunakan superkomputer dari Nvidia atau Intel, melainkan mengandalkan smartphone Android Huawei Mate 10 Pro yang digantung di atas dasbor.

Dikutip oleh Sefsed.com dari Engadget, smartphone tersebut dibekali chip Kirin 970 yang mampu memproses 2.000 gambar per menit. Selama proses tersebut, mobil mampu berjalan sambil menghindari rintangan seperti simulasi orang menyebrang dan pengendara lain.

Di sisi atasnya terdapat sensor kamera yang tentu saja juga dikendalikan oleh smartphone (credit: BGR)

Mate 10 Pro berperan mengontrol mobil terkait kapan harus berbelok, berhenti, atau berjalan. Secara spesifik, mobil tersebut sudah mencapai otonomi level 3. Level tersebut sudah memungkinkan pengemudi melepas tangan dan pedal gas, namun dalam beberapa kondisi tetap diperlukan.

Huawei mengatakan demonstrasi ini mereka persiapkan hanya dalam 5 minggu. Pihaknya hanya sekedar menunjukkan kekuatan kecerdasan buatan (AI) yang dijalankan oleh ponsel Android.

Sampai saat ini, perusahaan tidak berniat terjun dalam industri mobil otomatis. Sebaliknya, prosesor yang mereka kembangkan mungkin bisa berguna untuk keperluan semacam itu.

Berita ini telah tayang di Sefsed. Baca berita sumber.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *