230 Ribu Data Covid-19 Orang Indonesia Dijual di Forum Hacker

Sutrisno Zulikifli . June 19, 2020

Ilustrasi hacker (Foto: Shutterstock)



Teknologi.id - Sebanyak 230 ribu data terkait Covid-19 di Indonesia dijual oleh peretas di forum hacker bernama RaidForums. Akun penjual data itu bernama Database Shopping.

Diberitakan CNNIndonesia.com, pada Jumat (19/6/2020) malam, data itu sudah ada di forum hakcer sejak 20 Mei lalu.

BACA JUGA: 1,3 Juta Data Kemendikbud Diduga Bocor dan Beredar di Forum Hacker

Data-data itu terkait nama, umur, nomor telepon, alamat rumah, Nomor Identitas Kependudukan, hasil rapid test, hasil PCR, hingga status terkait COVID-19.

Di dalam data yang dijual itu juga terdapat jenis kasus, tanggal awal risiko, keluhan sakit, hasil laboratorium, tanggal sampel, hingga diagnosa.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada tanggapan resmi dari Pemerintah Indonesia. Badan Siber dan Sandi Negara selaku pihak yang terkait dengan masalah tersebut juga belum memberikan tanggapan.

Dalam forum tersebut, Database Shopping mengaku baru menjual basis data pasien COVID-19 sejak Kamis (18/6/2020).

Database Shopping baru bergabung ke forum tersebut pada Mei 2020. Akun itu memiliki tingkat reputasi sebesar 30 memiliki 60 post dan 20 thread. Penjual mengaku memiliki 230 ribu data pasien Covid-19 yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Indonesia Bakal Punya Data Center Nasional di Tahun Ini

Kejadian ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia sejak pandemi COVID-19. Sebelumnya, hal yang sama sempat menimpa Tokopedia, Bukalapak, hingga data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya