Selamat Tinggal Indosat GIG

Teknologi.id . November 25, 2021

Ilusrasi situs web Indosat Gig. Foto: Teknologi.id/dwk


Teknologi.id - Layanan internet kabel (fixed broadband) untuk pengguna rumahan milik Indosat M2, Indosat GIG akan tutup layanan per hari ini, Kamis (25/11/2021).

Sebagai informasi, IM2 adalah perusahaan yang kepemilikannya 99,85% dikuasai oleh Indosat Ooredoo.

Pihak perusahaan telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pelanggannya sejak Jumat (19/11/2021).

Dalam surat pemberitahuan ini GIG juga sekaligus menyampaikan terima kasih kepada para pelanggan setianya yang sudah mendukung mereka sejauh ini. Pelanggan yang memerlukan informasi lebih lanjut dipersilakan melayangkan email ke layanan@gig.id.

Baca juga: Ikuti Tips 5 Menit Ini untuk Mempercepat Internet di HP

Keputusan ini diambil setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) memutuskan bahwa perusahaan harus membayar Uang Pidana Pengganti sebesar Rp 1,35 triliun. Hal itu ditetapkan dalam Putusan Mahkamah Agung No 787 K/PID.SUS/2014 tertanggal 10 Juli 2014.

Penutupan Indosat GIG merupakan buntut dari kasus korupsi frekuensi delapan tahun lalu, tepatnya pada 2013.

Melansir pemberitaan Kompas.com bulan Mei tahun 2013, Kejaksaan Agung menetapkan PT Indosat Tbk dan anak perusahaannya, PT Indosat Mega Media (IM2) sebagai tersangka dalam kasus korupsi penggunaan jaringan frekuensi radio 2,1 GHz atau 3G.

Kedua perusahaan dikenai Pasal 2 dan 3 Undang-undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca juga: Begini Cara Kirim Chat WhatsApp Saat HP Mati Tanpa Internet

Bukan cuma layanan internet tetap yang tutup, Corporate Secretary Indosat Ooredoo Billy Nikolas Simanjuntak mengungkapkan IM2 telah menandatangani berita acara serah terima asset di hadapan Kejagung pada 5 Agustus 2021 dan pada tanggal 16 November 2021, Kejagung telah memulai proses eksekusi dengan memasang tanda sita pada aset substantif IM2 berupa tanah, bangunan dan mobil IM2, terkait pelaksanaan Putusan Mahkamah Agung 2014.

"Mengingat kondisi keuangan IM2, maka IM2 akan ditempatkan pada posisi yang kemungkinan harus diambil alih. Dalam hal demikian, likuidasi akan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tata kelola IM2 dan Perseroan," ujar Billy.

Dampak kasus tersebut diklaim tidak mempengaruhi Indosat. Billy mengungkapkan bahwa kabar tutupnya layanan Indosat GIG ini tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, kelangsungan usaha perseroan.

Beroperasi sejak 2015

Layanan Indosat Gig telah beroperasi sejak 2016 lalu. Pada sembilan bulan pertamanya, layanan internet berbasis teknologi fiber optik (Fiber to the Home, FTTH) tersebut diklaim sudah berhasil mengumpulkan 100.000 pelanggan.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler