BACKGROUND
Teknologi.id adalah perusahaan media berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Teknologi.id memberikan berita terbaru, tren teknologi, konten cerdas, positif, dan menghibur. Saat ini, Teknologi.id sudah memiliki lebih dari 500 klien B2B yang berasal dari industri yang berbeda, dimulai dari e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia, hingga pemerintahan, seperti Ristekdikti dan Kominfo. Untuk mengembangkan bisnis medianya, Teknologi.id memiliki tujuan untuk membantu 400 medium-sized startups di 2022 dengan menawarkan marketing services yang diberikan oleh Teknologi.id. Akan tetapi, Teknologi mengalami 3 permasalahan utama dimulai dari lingkungan industri medium-sized startup yang beragam, permintaan yang rendah dari medium-sized startup, dan jumlah active business user Teknologi.id yang relatif sedikit. PROBLEM ANALYSIS Urgensi Memahami Lingkungan Industri Medium-Sized Startup yang Beragam Teknologi.id menargetkan berbagai medium-sized startups dengan industri yang berbeda-beda, mulai dari fintech, ecommerce & marketplace, agency, hingga non-profit organization. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi Teknologi.id dimana Tekdi perlu memahami lebih dalam akan kebutuhan jasa marketing setiap startup. Setiap jenis startup memiliki lingkungan industri yang berbeda-beda dan menghadapi situasi yang unik sehingga Teknologi.id perlu memberikan solusi yang beraneka rupa. Maka dari itu, Tekdi perlu memiliki pemahaman mendalam untuk setiap jenis startup agar bisa memberi solusi marketing yang sesuai. Permintaan yang Rendah dari Medium-Sized Startup Tingkat pertumbuhan startup di Indonesia mengungguli secara kuantitas dan kualitas. Melansir dari startupranking.com, per tahun 2022, Indonesia termasuk ke dalam jajaran 100 besar startup di dunia dengan posisi ke-5 setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada. Kesuksesan ini mendorong banyak pengusaha untuk membangun startup di berbagai industri pasar. Akan tetapi, fenomena ini belum tentu menjanjikan. Melansir dari Teknologi.id, berdasarkan riset dari Fortune, 9 dari 10 startup tidak dapat bertahan menjalankan bisnis. Hal ini menandakan bahwa 90% startup mengalami kegagalan. Kegagalan ini tentunya dilatarbelakangi oleh banyak faktor, salah satunya adalah lemahnya pelaksanaan online marketing. Pendanaan menjadi tantangan umum yang dihadapi oleh sebagian besar startup. Biaya yang harus dikeluarkan tidaklah kecil dan seringkali tidak terhindarkan. Pengalokasian dana untuk kegiatan marketing menjadi korban akibat hal tersebut. Tidak sedikit pula startup yang salah menyusun strategi online marketing akibat rendahnya riset pasar, kurang memperhatikan kebutuhan target customer, dan tidak menggunakan jasa online marketing yang sebenarnya dapat membantu dalam peningkatan online presence mereka di tengah-tengah masyarakat. Hal ini menjadi tantangan besar bagi bisnis yang memberikan jasa marketing, seperti Teknologi.id. Jumlah Active Business User Teknologi.id yang Relatif Sedikit Teknologi.id merupakahan perusahaan media berbasis teknologi terbesar di Indonesia dengan audiens yang besar, mencapai 1 juta unique visitor di setiap channel dan 420.000 lebih di website. Tidak hanya itu, Teknologi.id telah menjalin memiliki lebih dari 500 klien dan partner. Melansir dari teknologi.id, dengan besarnya jumlah unique visitor, hanya ada 0.2% dari pengguna internet di Indonesia yang mengunjungi website Teknologi.id ini. Audiens yang menjadi target pasar Teknologi.id mencakup berbagai kalangan, mulai dari digital spenders, investor retail, jurnalis, government leaders, hingga Generation-Z. Generasi Y (Millennials) dan Generasi Z yang mencapai 62 juta orang di Indonesia ternyata belum menjadikan Teknologi.id sebagai portal berita yang diikuti secara aktif. Hal ini diakibatkan oleh berbagai faktor. Tingkat organic search Teknologi.id yang rendah menyebabkan generasi muda ini tidak menemukan website Tekdi. Engagement audiens di website Tekdi terhadap fitur yang ada masih tergolong rendah. Media sosial yang banyak digunakan oleh Generasi Y dan Z belum optimal dimanfaatkan oleh Tekdi, padahal media sosial dapat menjadi taktik utama untuk mengarahkan mereka menuju website Tekdi. SOLUTIONS: Ruang Publikasi sebagai Solusi Satu Atap dan Mengembangkan TekBot Teknologi.id memiliki fitur bernama Ruang Publikasi yang menjadi platform penyediaan layanan public relation, branding, dan marketing bagi perusahaan penggunanya. Layanan yang sudah ditawarkan sejauh ini antara lain media distribution, media publication, membantu mengadakan press conference dan event promosi lainnya, serta membantu menyusun ads banner dan social media ads. Jasa-jasa yang disebutkan diatas tentunya sudah mencakup sebagian besar dari kebutuhan pemasaran suatu usaha startup berukuran medium. Namun, untuk mencapai target membantu 400 startup medium pada 2022, Teknologi.id harus menjadikan dirinya indisposable alias tidak dapat dilepaskan dalam strategi pemasaran perusahaan. Ruang Publikasi: Solusi Satu Atap untuk Semua Kebutuhan Pemasaran Anda Untuk menjadi solusi satu atap untuk semua kebutuhan pemasaran penggunanya, Teknologi.id dapat membuat Ruang Publikasi sebagai suatu aplikasi serba-bisa untuk klien B2B-nya, dimana pengguna dapat mengakses semua fitur layanan yang ditawarkan Teknologi.id. Pada homepage Ruang Publikasi, pengguna dapat memilih fitur yang ingin digunakan, seperti media publication, media distribution, dan lainnya. TekBot: Meningkatkan Ruang Publikasi menggunakan fitur baru dan AI Teknologi.id dapat menambahkan fitur baru yaitu Create Your Content, dimana pengguna dapat menulis artikel atau mendesain poster dengan bantuan artificial intelligence bernama TekBot. TekBot berfungsi membantu pengguna ketika berkarya di Ruang Publikasi. TekBot dapat membantu meningkatkan kualitas dan daya tarik konten dengan memberitahu pengguna apabila artikel terlalu panjang atau pendek sesuai dengan standar panjang artikel yang dapat menarik konsumen potensial, mengecek kesalahan eja, dan merekomendasikan revisi atau tambahan pada konten pengguna (misal: memperpendek paragraf, menambahkan ilustrasi, data infografis, atau tautan). Ketika pengguna mendesain ilustrasi, TekBot dapat menyarankan apabila terdapat pilihan warna, font, atau penempatan objek yang kurang sesuai pada desain. Setelah pengguna memanfaatkan fitur Create Your Content, mereka dapat memilih opsi media publication atau distribution untuk mengiklankan konten tersebut. Pada fitur Media Distribution, TekBot dapat membantu pengguna dengan memberikan rekomendasi media online yang paling sesuai dengan target dan segmentasi pasar, domisili dan daerah pelayanan, tujuan iklan, serta faktor lainnya yang unik bagi setiap usaha. Rekomendasi media online dari Teknologi.id dapat disesuaikan dengan budget pengguna. Integrasi dengan Social Media Ads Selain fitur Media Distribution dan Publication, Teknologi.id dapat melengkapi aktivitias pemasaran penggunanya dengan menambah fitur Social Media Ads yang terintegrasi dengan fitur iklan berbayar di media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Google Ads. Seringkali, startup mengiklankan produk mereka di berbagai media sosial. Akan tetapi, proses mengunggah iklan di platform media sosial yang berbeda-beda tersebut bisa lama dan merepotkan. Fitur Social Media Ads Teknologi.id dapat memudahkan pengguna untuk memasukkan iklan dalam media-media sosial tersebut dan memantau perkembangannya melalui satu platform saja, yaitu platform Ruang Publikasi. Fitur Track Your Content: Cek Marketing KPIs dengan cepat, mudah, dan terintegrasi Untuk melengkapi proses iklan, Teknologi.id dapat membuat fitur Track Your Content yang memungkinkan usaha untuk mengecek perkembangan konten yang telah mereka iklankan baik melalui media online, platform Teknologi.id, atau media sosial lainnya. Teknologi.id dapat menyatukan data iklan dari semua platform tersebut untuk memberikan statistik yang lebih lengkap dan menyeluruh bagi pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh gambaran besar dari keseluruhan online presence mereka hanya melalui Teknologi.id. Fitur Track Your Content juga dapat didesain untuk memudahkan penggunanya mengakses statistik dari konten dan iklan mereka seperti jumlah pengunjung, conversion rate, retention rate, click through rate, digital marketing ROI dan KPI lainnya). Pada fitur Track Your Content, TekBot juga dapat memberikan rekomendasi berdasarkan data statistik iklan yang telah dikumpulkan. Rekomendasi dapat berupa jenis iklan yang cocok dan perlu dicoba oleh usaha kedepannya, atau waktu serta hari unggah yang tepat. Selain itu, TekBot juga dapat merespons pertanyaan pengguna terkait hal yang berhubungan dengan pemasaran, teknis penggunaan Ruang Publikasi, serta membantu pengguna menentukan hal-hal seperti kata kunci yang tepat untuk optimalisasi SEO dan menyusun jadwal mengunggah iklan.
Referensi
Kurniawan, H. (2021, December 2). Teknologi.id Bantu Perusahaan Bangun Citra Merek di Dunia Digital. Investor.id. https://investor.id/business/273113/teknologiid-bantu-perusahaan-bangun-citra-merek-di-dunia-digital
PDSI KOMINFO. (2020). Di WEF 2020, Menkominfo Pamerkan Pesatnya Perkembangan Startup Indonesia. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. https://kominfo.go.id/content/detail/23975/di-wef-2020-menkominfo-pamerkan-pesatnya-perkembangan-startup-indonesia/0/sorotan_media
Putri, K. (2022, January 25). Faktor Penyebab Startup Gagal, Hindari Jika Tak Mau Gulung Tikar! Teknologi.id. https://teknologi.id/bisnis/faktor-penyebab-startup-gagal-hindari-jika-tak-mau-gulung-tikar
Rachel. (2022, May 12). WOW! 4 TEKtik Ini Akselerasi Digital Presence 400 Startups! Teknologi.id. https://teknologi.id/startup/wow-4-tektik-ini-akselerasi-digital-presence-400-startups
Startup Ranking. (n.d.). Countries - With the top startups worldwide | Startup Ranking. StartupRanking. Retrieved May 12, 2022, from https://www.startupranking.com/countries
Teknologi Indonesia. (2020, November 9). RUANG PUBLIKASI Teknologi.id. Www.youtube.com.
Teknologi.id. (n.d.-a). Company Profile Teknologi.id.
Teknologi.id. (n.d.-b). Tingkatkan SEO dengan Teknologi.id. Teknologi.id. Retrieved May 12, 2022, from https://teknologi.id/business
Tinggalkan Komentar