Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Hebohkan Linimasa Twitter

Teknologi.id . July 22, 2022
Foto: detikcom


Teknologi.id - Kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi memasuki babak baru. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo selaku terlapor kini ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, saat ini Roy Suryo tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus tersebut.

“Jadi, hari ini benar diperiksa di Polda Metro sebagai tersangka,” kata Endra Zulpan, Jumat (22/7/2022). Meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun Roy Suryo belum ditahan.

“Masalah penahanannya nanti kami update,” ujar Zulpan.Mantan Menpora Roy Suryo dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait dengan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (Sara) oleh perwakilan umat Buddha Indonesia.Laporan tersebut tercatat dengan LP/B/0293/VI/2022/SPKT/BARESKRIM tertanggal 20 Juni 2022.

Sontak netizen pun mulai ramai membahasnya di linimasa Twitter. 

"Ditetapkannya Roy Suryo sebagai tersangka sudah prosedural, ya mmg wajib layak secara hukum. Gak kebayang kalau diabaikan hukum mns semacam ini. Sbg tokoh yg seharusnya memberi inspirasi keilmuan & teladan, malah sebaliknya, getol share negatifisme, #hoax & #HateSpeech. #Rasis," tulis seorang netizen.


"Jika bisa bertindak cerdas dan terlihat jujur serta profesional, sebelum mentersangkakan Roy Suryo terlebih dahulu menangkap pemilik akun yg mengedit stupa," demikian pendapat yang lain.

Baca juga: Dipolisikan Soal Meme Stupa, Roy Suryo Balik Polisikan Pengunggah

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menjelaskan ada dua laporan atas Roy Suryo yang telah naik ke tingkat penyidikan, yakni laporan Kurniawan Santoso di Polda Metro Jaya dan laporan oleh perwakilan umat Buddha Indonesia dengan inisial KW. Roy Suryo dilaporkan terkait dengan ujaran kebencian berdasarkan Sara dan/atau penistaan agama Buddha sebagaimana dimaksud Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 156a KUHP.

"Artinya, dua laporan polisi yang telah dipelajari dan dilakukan pemeriksaan, dinaikkan yang statusnya dari penyelidikan ke penyidikan karena telah memenuhi adanya unsur pidana di dalamnya," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/6).

Sebagai informasi, Roy Suryo juga membuat laporan terkait meme stupa Candi Borobudur. Ia melaporkan tiga akun media sosial yang dianggapnya sebagai pengunggah pertama.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar