Masuk dalam Instagram Rich List 2022, Raditya Dika Kalahkan Paris Hilton!

Lusita Amelia . August 23, 2022

foto: Instagram/Raditya_Dika

Teknologi.id - Siapa yang tidak tahu Raditya Dika? Hampir semua orang mengetahui dirinya dengan berbagai karya yang dihasilkan. Ia adalah seorang aktor, komika, penulis, dan juga sutrada yang berkarya di bidang industri kreatif. Hampir seluruh buku yang diterbitkannya sudah difilmkan, seperti Koala Kumal, Cinta Brontosaurus, Manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu, dan masih banyak lagi. Selain aktif dalam dunia perfilman, Raditya Dika juga sekarang aktif bermain sosial media seperti Instagram. Melalui akun Instagramnya, suami dari Anissa Aziza itu banyak melakukan endorsement atau promosi beberapa barang yang ditawarkan kepadanya. Namun, ternyata agar barang kita dapat diunggah oleh seorang Raditya Dika tidak semurah itu loh! Hal ini lah yang menjadikan ia masuk ke dalam urutan Instagram Rich List 2022. Makin penasaran, kan? Yuk, simak artikel berikut ini!

Hooper HQ merilis data Instagram Rich List 2022 dari berbagai pengguna di penjuru dunia. List tersebut mengurutkan penghasilkan seorang pengguna akun Instagram dari berbagai jenis pekerjaan, seperti selebriti, atlet, influencer, dan lain sebagainya. Dari 100 pengguna Instagram yang ada di dalam list tersebut, Raditya Dika menduduki peringkat ke-64 dari Asia. Akun yang memiliki 19.359.978 juta pengikut ini mengalahkan Paris Hilton yang merupakan seorang aktris terkenal. Urutan pertama diduduki oleh Cristiano Ronaldo yang memiliki jumlah pengikut lebih dari 400 juta akun. Tarif yang dipasang oleh Ronaldo adalah 2.397.000 Dolar AS atau setara dengan Rp395 Milyar. Umumnya para pengguna akun Instagram ini disebut dengan selebgram.

Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Data list ini mengurutkan harga yang ditawarkan oleh seorang pengguna kepada pengguna lainnya untuk transaksi seperti endorsement dari yang termahal hingga termurah. Mengejutkannya, Raditya Dika memasang harga sebesar 122.000 Dolar US untuk satu postingan pada akun Instagramnya. Harga yang setara Rp1,8 Miliyar ini terbilang cukup fantastis. 

 

foto: tangkapan layar pribadi/HopperHQ

Hal yang membedakan endorsement Raditya Dika dengan yang lain adalah dari cara penyampaian dan teknik yang dibuat olehnya dalam satu kali unggahan. Dirinya juga kerap kali memasukkan unsur stand up comedy dalam video yang akan dibawakannya. Dengan demikian, para penonton dan pengikutnya merasa terhibur sekaligus tertarik untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan melalui dirinya. Seperti dalam video berikut ini, di mana Raditya Dika mempromosikan suatu barang dengan memasukkan unsur stand up comedy dan pengetahuan mengenainya. 

Instagram Rich List ini telah dibuat sejak tahun 2017 dan menunjukkan perubahan yang signifikan. Dengan kriteria yang sama, sejak 2017 hingga 2022 tahun ini, para pengguna akun Instagram tersebut mengalami peningkatan pendapatan dan juga perubahan harga unggahan yang dipasang oleh pengguna tersebut. Dilansir dari Kompas (2022), penghasilan dari 10 Instagram Rich List teratas telah meningkat sebesar 76 persen. Rata-rata peningkatan pendapatan para pengguna akun ini adalah dari 9 juta dolar AS (setara Rp 134 miliar) pada tahun 2020 menjadi 16 juta dolar AS (setara Rp 238 miliar) pada tahun 2022. Peningkatan yang fantastis ini juga diiringi dengan bertambahnya jumlah pengikut dari pengguna Instagram tersebut. Semakin banyak pengikut dan semakin terkenalnya seorang pengguna akun Instagram, makin mahal pula harga yang dipasang untuk mengunggah satu postingan produk. 

Return atau hasil yang didapat dari perusahaan yang bekerja sama dengan para pengguna akun Instagram ini cukup signifikan. Umumnya mereka merupakan orang-orang yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat. Mereka memiliki pengaruh besar kepada para pengikutnya sehingga dapat memengaruhi seseorang untuk membeli sebuah produk yang juga dipakai oleh sang artis idola. Maka dari itu, umumnya perusahaan yang bekerja sama dengan para pengguna akun Instagram ini adalah perusahaan-perusahaan besar dan ternama. 

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Sebagai seorang pengguna akun Instagram juga, apakah kamu pernah tertarik dan tergiur untuk membeli sebuah barang yang ditawarkan artis idolamu? Jika iya, pengaruh dan kecintaanmu terhadap mereka berhasil membuat tujuan perusahaan tersebut tercapai. Perluasan pasar dan pendapatan semakin mudah didapat dengan bekerja sama dengan para selebgram ini. Bagaimana tertarikkah kamu menawarkan produk perusahaanmu dengan bekerja sama bersama mereka?

(LA) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar