Masalah Keamanan, Google Maps Matikan Beberapa Fitur di Ukraina

Tristan . March 01, 2022


Foto: Padek.co


Teknologi.id - Google Maps menonfaktifkan sementara data lalu lintas untuk Ukraina dengan alasan keamanan.


Seperti yang sudah kita ketahui, Ukraina saat ini sedang berjuang mempertahankan negaranya dari invasi yang dilakukan Rusia. 


Saat ini, setidaknya 379 ribu warga Ukraina sudah mengungsi ke negara lain seperti Polandia. Namun, masih ada sebanyak 160 ribu orang lainnya yang masih ada di Ukraina.


Google mengatakan bahwa kebijakan tersebut dilakukan setelah konsultasi dengan beberapa pihak, termasuk pihak otoritas Ukraina.


Fitur-fitur terkait informasi kondisi lalu lintas dan kesibukan daerah sudah dimatikan sejak hari minggu 27 Februari. Keputusan ini dilakukan dengan pertimbangan keselamatan warga dan komunitas lokal di Ukraina menurut CNN Indonesia.


Meski begitu, Google mengatakan bahwa informasi lalu lintas masih ada bagi pengendara yang ingin menggunakan fitur navigasi di wilayah tersebut.


Baca juga: Ukraina Minta Bantuan Bos-Bos Teknologi atas Serangan Rusia


Sebelumnya, seorang profesor di Middlebury Institute of International Studies California mengatakan Google Maps telah membantu melacak pergerakan pasukan Rusia.


Dia mengatakan data kemacetan yang ditampilkan Google Maps merupakan pergerakan Rusia yang sedang bergerak menuju perbatasan Ukraina.


Lebih lanjut, Google juga sudah mengambil langkah-langkah baru untuk melindungi keamanan pengguna di wilayah tersebut.


Google Alphabet Inc sudah melarang outlet media milik negara Rusia RT dan saluran lainnya menerima uang untuk iklan di situs web, aplikasi, atau video YouTube mereka, serupa dengan langkah Meta setelah invasi ke Ukraina.


Google juga melarang sejumlah media yang di danai pemerintah Rusia menggunakan teknologi iklannya untuk mendapat penghasilan di situs web dan aplikasi mereka.


Media Rusia juga tidak dapat membeli iklan melalui Google Tools atau memasangnya di layanan Google, termasuk pencarian dan Gmail, ucap Michael Aciman.


(TTD)



author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar