Menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan hal yang penting ketika menjalani sebuah bisnis digital bagi pada pelaku usaha. Customer service sebagai garda terdepan dalam sebuah bisnis turut membantu dalam kelancaran komunikasi antar bisnis dengan pelanggan. Sebagai gerbang pertama bagi pemilik bisnis untuk melayani pelanggan, peran customer service tidak boleh disepelekan.
Semakin banyak pelanggan yang dimiliki, pelaku bisnis juga harus menambahkan agen customer service untuk meningkatkan kinerja agen dalam menjawab seluruh pertanyaan dari pelanggan. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji para agen customer service, serta biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan agar agen dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk menghemat biaya customer service adalah dengan menggunakan chatbot sebagai teknologi yang mampu mengoptimalkan peran customer service.
Perkembangan teknologi kini semakin mempercepat segalanya. Selain lebih menghemat biaya pelayanan, kemampuan teknologi chatbot digadang dapat mempermudah serta mengembangkan bisnis dengan praktis dan cepat di era digital ini. Dengan chatbot Anda juga dapat menghemat waktu pelanggan sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kualitas bisnis. Sebelum Anda mengetahui manfaat chatbot, maka Anda wajib mengetahui apa itu chatbot terlebih dahulu.
Pernahkah Anda mendapatkan respons cepat dan otomatis ketika hendak menanyakan suatu produk melalui media sosial? Nah, layanan yang menjawab pesan kita secara otomatis itu disebut dengan chatbot. Tidak perlu khawatir, dengan kecerdasan buatan dalam teknologi chatbot, Anda tetap bisa membangun percakapan interaktif dengan pelanggan. Mari kita berkenalan lebih lanjut tentang apa itu chatbot, apa saja keuntungan menggunakan chatbot, serja peran dan fungsi chatbot dalam dunia bisnis!
Apa Pengertian Chatbot?
Istilah chatbot dengan nama lain chatter bot merupakan sebuah layanan obrolan dalam bentuk teks atau suara dengan menggunakan teknologi bebasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang dapat mensimulasikan percakapan virtual. Bisa dibilang chatbot merupakan asisten virtual di masa ini. Penyebutannya pun tidak terbatas hanya chatbot saja, tapi bisa juga disebut dengan conversational AI, Virtual Assistant, Digital Assistant, hingga conversational interface. Jadi, apa itu chatbot? Terknologi ini adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengotomatiskan percakapan yang dapat dihubungan ke serangkaian sumber data melalui API.
Chatbot menggunakan berbagai teknologi terkini didalamnya yang selalu berkembang dan diperbaharui terus menerus, seperti AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing (NLP). Machine Learning digunakan sebagai mesin untuk mengenal, mempelajari, dan menganalisis bermacam-macam bahasa. Sementara Natural Language Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa manusia serta memberi respon selayaknya bahasa yang digunakan dalam percakapan manusia.
Mengapa Chatbot Penting untuk Bisnis?
Chatbot dapat menyederhanakan interaksi pelanggan dengan layanan bisnis, ikut turut dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, dengan chatbot Anda dapat memulai percakapan, mengolah keluhan pelanggan, dan merespon pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat. Beberapa manfaat penggunaan chatbot dalam bisnis jelas, mampu merespon dengan cepat setiap percakapan dari pelanggan baik melalui pesan tekstual maupun berbasis suara. Alasan ini yang membuat chatbot menjadi sangat populer dan diminati dalam dunia bisnis, utamanya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Baca Juga: Cara Cepat Membuat Chatbot WhatsApp untuk Efisiensi Layanan
Bisnis Apa yang Membutuhkan Layanan Chatbot?
Bisnis yang akan terbantu dengan adanya teknologi ini adalah bisnis yang bergerak pada bisnis digital (online business). Faktanya, chatbot memang banyak digunakan di berbagai sektor bisnis digital saat ini. Hal ini dikarenakan chatbot dapat membantu pelayanan kepada pelanggan lebih cepat dan efektif. Walaupun belum mampu sepenuhnya mengganti peran manusia. Tapi ketika Anda berada pada kondisi di mana banyak pelanggan mengirim pesan yang sangat banyak, maka chatbot adalah hal yang sangat tepat untuk membantu Anda. Bisnis Anda mungkin perlu menggunakan chatbot jika bertemu dengan kondisi berikut ini:
- Anda sudah tidak lagi bisa melayani konsumen yang mengirim pesan yang cukup banyak dari pelanggan.
- Adanya keterbatasan waktu dan biaya pelayanan dalam memenuhi kebutuhan agen customer service untuk bisnis.
- Agen customer service Anda sudah tidak bisa melayani customer dengan cepat dan efisien. Pelayanan yang lambat dapat memberikan kesan yang kurang baik untuk bisnis Anda.
- Dengan kecerdasan teknologi AI dalam chatbot, Anda tidak perlu repot dalam mengulang jawaban dari pertanyaan yang terus berulang. Chatbot akan membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga customer service Anda.
- Pekerjaan Anda yang lain akan lebih fokus untuk dikerjakan. Efektivitas teknologi chatbot mampu meningkatkan kepuasan pelanggan Anda sehingga penjualan akan meningkat. Tidak hanya membalas percakapan, dengan menggunakan chatbot juga ikut membantu strategi pemasaran dalam bisnis (marketing strategy).
Manfaat Menggunakan Chatbot dalam Bisnis
Untuk Anda yang ingin bisnis lebih produktif dan efisien, maka Anda wajib mengetahui apa saja manfaat chatbot untuk bisnis. Chatbot ini memberikan beberapa manfaat bagi pebisnis, apa saja itu?
1. Pelayanan Bisnis 24 Jam
Berbeda dengan pelayanan customer service yang memiliki waktu kerja, kelebihan chatbot adalah bisa memberikan pelayanan konsumen 24 jam penuh. Hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan kepada konsumen dan konsumen akan puas dengan layanan yang Anda berikan (customer satisfaction). Di mana hal tersebut membuat chatbot menjadi sebuah fitur utama yang dicari oleh para pebisnis. Meskipun tidak ada agen manusia sekalipun, chatbot tetap bisa memberikan kebebasan bagi pelanggan yang ingin mengakses informasi sesuai dengan waktu yang mereka miliki.
2. Berikan Jawaban Instan
Dengan menggunakan agen customer service mungkin satu orang hanya dapat berkonsentrasi pada beberapa pelanggan saja. Chatbot mampu menjawab ribuan pertanyaan pada saat bersamaan. Anda juga dapat melakukan personalisasi pesan sehingga chatbot akan menjawab pertanyaan pelanggan dengan konsisten.
3. Meningkatkan Interaksi Pelanggan
Chatbot akan membangun percakapan yang baik dengan pelanggan layaknya berbicara dengan manusia. Chatbot ini nantinya akan memberikan berbagai macam bantuan dan solusi sehingga pelanggan akan merasa terbantu dengan semua balasan. Chatbot dapat menjangkau pelanggan Anda yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan penawaran tepat waktu.
4. Menghemat Waktu
Tidak perlu menunggu balasan yang lama dari agen customer service, dengan chatbot pelanggan dapat lebih cepat menerima balasan atas pertanyaannya. Dengan terciptanya layanan setiap waktu, maka hal tersebut dapat menghemat waktu pelanggan dalam berkomunikasi tanpa batasan waktu. Pebisnis dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Pelanggan pun dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan lebih cepat tanpa harus menunggu balasan dari agen pada jam kerjanya.
5. Lebih Hemat Biaya
Manfaat lainnya dengan menggunakan chatbot adalah Anda akan hemat biaya pelayanan. Hal ini karena Anda tidak perlu menyediakan agen customer service yang terlalu banyak dan tidak perlu membayar uang lembur atau shift tambahan untuk para agen yang bekerja di luar jam kerja. Semua pertanyaan umum akan dijawab secara otomatis oleh chatbot.
6. Mendungkung Lead Generation
Selain itu, chatbot juga dapat mendorong proses lead generation dalam sebuah bisnis. Chatbot dapat digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data penting pelanggan seperti email, nomor telepon, produk yang disukai, dan segala data pendukung pelanggan lainnya. Data tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mendukung strategi digital marketing berikutnya seperti apa yang potensial bagi bisnis.
7. Pertumbuhan Sales Meningkat
Dengan dukungan proses lead generation otomatis sales juga akan meningkat. Serta terciptanya kepuasan pelanggan serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Chatbot tidak hanya menjawab pertanyaan, namun dapat dimanfaatkan untuk menawarkan produk, promo, dan layanan lainnya.
8. Energi Tidak Terbatas
Jika mengandalkan kemampuan manusia pasti akan memiliki keterbatasan, sehingga kondisi ini menyebabkan menurunnya performa dan bisa meningkatkan potensi human error. Berbeda dengan teknologi chatbot yang memiliki energi tidak terbatas sehingga mampu melayani pelanggan tanpa harus terbatas oleh tenaga dan waktu.
Anda dapat memperoleh semua manfaat dari chatbot yang disebutkan di atas dengan mudah melalui platform chatbot dari Kata.ai. Sebagai penyedia platform chatbot kami menyediakan layanan chatbot yang dapat diintegrasikan di dalam media sosial bisnis Anda dengan lebih mudah. Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan jasa pembuatan chatbot diantaranya efisiensi dan efektivitas kerja sehingga Anda bisa lebih fokus kepada pekerjaan lainnya. Selain itu, layanan ini memiliki harga yang terjangkau dengan fitur chatbot yang bisa dipersonalisasi. Kata.ai merupakan solusi terbaik dalam mengoptimalkan layanan chatbot dalam bisnis Anda, konsultasikan kendala yang Anda hadapi dengan konsultan ahli kami.
Tinggalkan Komentar