In-App Browser TikTok Disebut Bisa Intip Aktivitas Pengguna, Begini Cara Ceknya

Amanda Rayta Putri . August 22, 2022

Foto: cnbcindonesia.com

Teknologi.id - Peneliti keamanan siber yang bernama, Felix Krause baru saja merilis laporan yang menyebutkan jika aplikasi media sosial populer TikTok menyisipkan suatu kode berjenis "JavaScript" yang bisa memantau dan merekam aktivitas pengguna iOS.

Salah satu hal yang dapat dipantau yaitu, pada bagian input keyboard yang dimasukan pengguna melalui browser internet yang ada pada aplikasi (in-app browser). Hal tersebut ditulisakan Felix sebagai berikut, "In-app browser TikTik diselipi dengan kode yang bisa memantau seluruh informasi yang pengguna masukkan via keyboard disana, yang bisa meliputi kata sandi (password) hingga informasi kartu kredit"- Felix Krause pada blog pribadinya yaitu, krausefx.com.

Baca Juga: Waspada Vishing, Tren Viral TikTok yang Mirip Skema Penipuan Online!

Begitu kabar ini muncul, Pihak TikTok langsung angkat bicara dan mengatakan bahwa pada aplikasi in-app TikTok memang terdapat kode yang disampaikan oleh Felix. Tapi, Pihak TikTok mengatakan bahwa kode tersebut bukan untuk memantau penggunanya. Tapi, untuk menyelesaikan permasalahan yang kerap pada aplikasi TikTok seperti, error (bug). Justru dengan memasang kode tersebut, TikTok dapat memantau hal yang dapat diperbaiki.

Cara memantaunya

Guna memastikan apakah kamu termasuk yang dipantau atau tidak. Kamu dapat memantaunya melalui browser, www.InAppBrowser.com. Website ini tidak hanya untuk memantau pengguna TikTok saja. Tapi, bisa untuk aplikasi lainnya. Seperti, Facebook dan Instagram.

Berikut cara untuk memantaunya:

  • Masuk ke aplikasi media sosial yang ingin kamu cek.
  • Bagikan link https://InAppBrowser.Com melalui kolom yang tersedia pada aplikasi tersebut. Untuk kolomnya bebas kamu bisa pada kolom menuliskan bio, data diri atau pokoknya yang penting pada kolom kosong.
  • Seteleh itu kamu klik link tersebut agar muncul in-app browser aplikasi yang dibuka.
  • Satu hal yang harus kamu perhatikan, Jika setelah itu terdapat kode "JavaScript" yang berbahaya, maka situs tersebut akan menampilkan informasi dalam teks warna merah.

Inilah tampilan, InAppBrowsermu jika terdapat kode "JavaScript" yang berbahaya.




Foto: Blog Felix Krause

Disclamer: Gambar tersebut merupakan hasil pemantauan yang dilakukan Felix melalui iPhone. Felix tidak mengetahui apakah browser tersebut dapat diterapkan pada Android. Tapi, untuk memastikan para pengguna Android bisa mencobanya juga!

Serem juga ya, guys. Kalau, sekarang semua kegiatan kita bisa dipantau. Terlebih, jika pemantauan tersebut tujuannya untuk mencuri data pribadi kita. Tetap waspada ya dan segera melakukan antisipasi jika ada hal yang menganggu privasimu dalam berinternet. Seperti, blokir atau laporkan pada pihak yang berwenang. Bisa juga melalui, layanan support aplikasi.

(arp)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar