Catat Pertumbuhan Positif, Kata.ai Dorong Digitalisasi CX

Kata.ai . May 18, 2022

Penerapan Teknologi Chatbot Lintas Industri Capai 1,5 Miliar Percakapan Sepanjang Awal Tahun 2022

Jakarta, 17 Mei 2022 - Perusahaan kecerdasan artifisial berbasis natural language processing Kata.ai meraih pencapaian positif lewat implementasi teknologi AICX (artificial customer experience) atau yang biasa dikenal chatbot. Teknologi yang didesain untuk memberikan pengalaman komunikasi dua arah antara bisnis dengan konsumen ini kian tumbuh seiring pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Percepatan adaptasi teknologi digital selama masa pandemi dinilai menjadi salah satu alasan teknologi AICX semakin dibutuhkan banyak pelaku bisnis untuk terus meraih pertumbuhan yang berbasis efisiensi. Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai menyampaikan “Kami memulai awal tahun 2022 dengan raihan positif dengan pertumbuhan bisnis year on year tumbuh sebanyak 80%. Growth conversations pun meningkat 2x secara year on year dan active user kami juga meningkat year on year sebanyak 170%. Kita bisa rasakan bersama bahwa konsumen dari banyak industri pun semakin piawai untuk mencari berbagai kebutuhannya lewat kanal digital serta semakin nyaman berkomunikasi dengan chatbot atau asisten virtual.”

Di kuartal pertama tahun 2022 Kata.ai berhasil mencapai 1,5 miliar percakapan yang datang dari berbagai lintas industri. Tercatat 26 industri kini telah mengadopsi teknologi chatbot dengan berbagai orientasi bisnis yang beragam.Tingkat adopsi teknologi AICX tertinggi didominasi oleh enam industri yaitu jasa keuangan, ritel, teknologi, kuliner, platform e-commerce serta pemerintahan & BUMN. Pemanfaatan teknologi chatbot sendiri disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang bervariasi mulai dari kebutuhan customer service, asisten virtual, marketing, leads generation sampai dengan employee engagement dari fungsi human resources.

Dengan kondisi pandemi yang semakin terkendali, bisnis perlahan mulai pulih dalam berbagai penyesuaian di dalam operasional usaha. Penggunaan teknologi kecerdasan artifisial di banyak sektor semakin banyak diterapkan sebagai bentuk inovasi bisnis agar semakin relevan dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Kata.ai lewat produk Kata Platform memberikan solusi terhadap kebutuhan customization bisnis untuk bisa mencari solusi teknologi chatbot yang reliable serta memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatan usahanya dengan platform digital.

“Teknologi kecerdasan artifisial dari hari ke hari semakin bertumbuh seiring dengan gaya hidup konsumen itu sendiri. Penetrasi koneksi internet yang semakin cepat, penggunaan smartphone yang merata di masyarakat, pembayaran lewat dompet digital, belanja online serta layanan yang umumnya ditemui sehari-hari kini jadi peluang teknologi kecerdasan buatan untuk bisa diadaptasi dengan tujuan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi. Bermacam industri pun semakin fokus untuk bisa mengembangkan solusi yang tepat lewat penerapan teknologi chatbot yang semakin relevan dalam memaksimalkan operasional demi meraih keuntungan bisnis,” tutup Irzan.

Tentang Kata.ai
Kata.ai merupakan perusahaan teknologi kecerdasan artifisial yang berdiri sejak 2015 dengan memfokuskan bisnis pada pengembangan teknologi natural language processing lewat produk chatbot yang telah membantu lebih dari 100 perusahaan dari berbagai industri meliputi industri telekomunikasi, finansial, FMCG, retail, serta healthcare. Untuk pengembangan sektor bisnis UMKM, kini Kata.ai memiliki produk yang menyasar pelaku usaha kecil dan menengah lewat produk Kata Omnichat, yaitu sebuah teknologi single dashboard untuk menggabungkan WhatsApp Business Platform dan Instagram. Di tahun 2021 Kata.ai berhasil meraih sertifikat ISO 27001:2013 sebagai wujud kemampuan untuk mengelola keamanan data yang mengikuti standar Information Security Management System (ISMS) dari CBQA Global.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Kata.ai

Kata.ai

Tinggalkan Komentar

1 Komentar