Panduan Mengenai Apa itu Backlink dalam SEO untuk Pemula

Sagara Technology . December 20, 2021


© Pixabay


Sebelum mengenal lebih lanjut tentang apa itu backlink, penting bagi kita untuk mengetahui apa itu SEO sebagai payung besar dari backlinkdan istilah terkait lainnya. 


SEO atau Search Engine Optimization  dapat dikatakan sebagai sekumpulan berbagai jenis upaya untuk mengoptimasi halaman situs yang kita miliki dengan tujuan untuk meraih rankingyang lebih tinggi lagi dalam halaman hasil pencarian.


Singkatnya, SEO bukan tentang satu kegiatan khusus, melainkan terdiri dari beragam aktivitas yang memiliki tujuan yang sama muncul lebih tinggi dalam halaman hasil pencarian. Sebut saja Off-page SEO, On-page SEO,Technical SEO, Keyword Research, dan Backlink yang akan menjadi bahasan utama dalam artikel ini.



Apa itu Backlink?

Sederhananya, kita dapat menganggap link sebagai sebuah alamat yang merujuk pada suatu rumah, di mana rumah ini merupakan sebuah website. Begitu pula dengan Backlink, yang dapat kita definisikan sebagai sebuah link atau tautan dari website milik orang lain yang merujuk kepada website kita atau halaman tertentu dari website kita.


Terdapat suatu faktor dalam SEO yang bernama authority atau otoritas dari suatu website, yang meliputi dua hal; (1) apakah segala konten dari website tersebut dapat dipercaya kredibilitasnya, serta (2) apakah website tersebut menjadi rujukan bagi website lain. Backlink inilah yang menjadi pusat dari otoritas suatu website.


Mengapa Backlink itu Penting?

Backlink adalah suatu hal yang sangat penting, terutama bagi SEO atau Search Engine Optimization. Pasalnya, backlink merupakan variabel atau faktor yang memiliki proporsi terbesar dalam pertimbangan ranking suatu halaman situs oleh algoritma Google. 


Kita tidak dapat melakukan upaya optimasi website jika kita tidak memiliki link yang merujuk pada website kita sama sekali. Untuk upaya optimasi situs lainnya, baca di sini.


Penilaian Terhadap Backlink

Lalu bagaimana Google menilai backlink dari suatu website? Dahulu, penilaian terhadap kualitas backlink suatu website hanya berfokus pada angka, atau dengan kata lain kuantitasnya. Sederhananya, siapa yang mampu memperoleh banyak website lain untuk merujuk padanya, maka dia lah yang akan memperoleh rank yang tinggi.


Namun, pada saat ini hal tersebut sudah tidak relevan lagi. Bangkitnya kesadaran Google bahwa banyaknya angka backlink tidak menjamin kredibilitas dari backlink itu sendiri pada akhirnya membuahkan perubahan. Sekarang, cara penilaian terhadap backlink suatu website adalah dengan lebih memperhatikan kualitas dari backlink tersebut, yakni relevansi antara website yang merujuk dan website yang dirujuk. Intinya suatu backlink harus memiliki alasan yang valid untuk merujuk kepada suatu halaman situs.


Jenis Backlink

Dalam tingkat paling dasarnya, terdapat dua jenis utama dari backlink;


  1. FollowLink

Follow link adalah jenis backlink yang akan memberikan value atau manfaat kepada website yang dirujuk. Value atau manfaat tadi tentunya berada dalam konteks SEO, yakni tentang otoritas yang telah dibahas sebelumnya. Sederhananya, kita dapat menggambarkan Followlink sebagai vote yang sah terhadap otoritas website kita.

  1. NoFollow Link

NoFollow link adalah kebalikan dari Follow Link. Jika sebelumnya terdapat pemberian value atau manfaat kepada website yang dirujuk, NoFollow Link tidak akan memberikan value apapun kepada website kita. Kita dapat dengan mudah menemukan NoFollow link pada media sosial atau periklanan, di mana pemilik website tidak dapat mengontrol link apa yang akan muncul pada situs mereka.



author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar