Checklist Pengembangan Software dengan Kualitas Terbaik

Sagara Technology . December 15, 2021

Teknologi.id - Industri teknologi memiliki topik pembahasan yang variatif, mulai dari pembahasan mengenai financial technology sampai artificial intelligence (AI). Kali ini kita akan menyinggung topik mengenai pengemabangan software yang akan dibagi berdsarkan definisi, elemen-elemen pengembangan software, dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengembangan software dengan kualitas terbaik.

Kita perlu memahami bahwa software yang memiliki kualitas pengembangan terbaik merupakan software yang dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya. Sehingga pada artikel ini kami akan menjabarkan mengenai definisi pengembangan software, komponen pengembangan software, pihak-pihak yang mengembangkan software, and tahapan dalam mengembangkan suatu software.

Berdasarkan definisi, pengembangan software merupakan rangkaian program instruksi komputer yang berkaitan dengan penciptaan, perancangan, penerapan, dan aktivitas pendukung software. Pengembangan software juga sangat bergantung kepada variasi software, beberapa diantaranya mencakup:

  1. system software (bertanggung jawab terhadap proses operasional suatu software), 

  2. programming software (bertanggung jawab sebagai alat bantu programer menyelesaikan tugas-tugas seperti menulis, menganalisis, dan penciptaan kode),

  3. application software (bertanggung jawab untuk mendukung pengerjaan suatu tugas - penyimpanan dokumen, transfer data, dll), dan

  4. embedded software (merupakan system software yang bertanggung jawab terhadap proses operasional alat-alat seperti kendaraan listrik, mesin cuci, dll); digunakan berdasarkan tujuan capaian masing-masing.


Salah satu produk akhir dari pengembangan software adalah pembaharuan aplikasi social media teman-teman yang dilakukan secara bertahap. Pembaharuan tersebut muncul atas improvisasi user interference (UI) dan user experience (UX) dari aplikasi yang teman-teman gunakan. 


Terciptanya suatu software akan memakan waktu yang sangat lama jika dilakukan oleh seorang saja. Sehingga dibutuhkan tim dengan latar belakang keahlian yang relevan untuk menciptakan software yang dapat berfungsi sesuai dengan kegunaanya. Dibalik proses pengembangan suatu software terdapat tim yang terdiri atas programmer (bertugas sebagai penerjemah antara software developer dan software engineer), software engineer (bertugas untuk membuat software atau sistem untuk menyelesaikan suatu masalah), dan software developer (bertugas untuk mengembangkan suatu aspek dari software, seperti melakukan pengetesan software serta melaksanakan tugas manajerial dan koordinasi antara rekan tim). Masing-masing dari mereka memiliki tanggung jawab yang penting dalam pengembangan suatu software.


Pada dasarnya, proses pengembangan software memiliki tahapan yang tidak rumit, terdiri atas analisis persyaratan dan spesifikasi, proses perancangan dan penerapan, pengujian software, pengimplementasian perubahan, serta pemeliharaan software secara berkelanjutan. Akan tetapi yang menjadi pemanis dalam pengembangan software adalah efektivitas dari pengembangan yang dilakukan. Beberapa hal cara yang dapat dilakukan mencakup penggunaan artificial intelligence yang menerapkan sistem pembelajaran dan pengambilan keputusan seperti manusia, blockchain, dan Model Based Systems Engineering (MBSE).


Sebagai penutup, jika teman-teman ingin mengembankan software dengan kualitas yang baik, teman-teman perlu memeriksa kembali apakah software teman-teman sudah berfungsi sesuai dengan kebutuhan, memastikan tim yang bekerja dalam pengembangan software berjalan dengan lancar, melakukan pengecekan pada proses tahapan pengembangan software, dan melakukan evaluasi mengenai hal-hal yang dapat mengoptimasi pengembangan software yang teman-teman lakukan.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar