Amankan Akun Youtube dari Peretasan, Simak Caranya

Almira Rafifah . December 16, 2021


Foto: Pexels

Teknologi.id - Pengambilalihan atau pembajakan akun YouTube kerap terjadi akhir - akhir ini oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti yang terjadi pada akun YouTube Sule, Vidi Aldiano dan BNPB beberapa waktu lalu.

Biasanya, akun YouTube seseorang diambil alih secara paksa oleh orang lain yang tidak dikenal. Setelah berhasil, pelaku mengganti nama channel dan menayangkan konten yang tidak berhubungan dengan akun YouTube yang sebenarnya.

Melalui wawancara yang dilakukan oleh ZDnet kepada salah satu peretas mengaku bahwa akun YouTube yang berhasil diretas akan dijual di OGUser. OGUser merupakan sebuah forum internet yang dikenal sebagai forum jual beli akun-akun yang diretas. 

"Sebelum YouTube dikembalikan ke pemilik aslinya, saya harus segera menjualnya dengan cepat sebelum menjadi tidak berharga." ucap salah seorang peretas.

Baca juga: Mau Hapus Jejak Digital di Internet Selamanya? Ini 5 Caranya

Untuk menjaga akun yang agar tidak diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab, berikut langkah - langkahnya : 

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Untuk bisa melindungi akun dengan sandi dan perangkat tambahan, anda wajib untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah/ 2 Factor Authentication (2FA). 

Verifikasi ini dapat dihubungkan dengan akun Google pengguna, dengan mengaktifkan fitur 2FA ini lewat pengaturan.

Ketika seseorang yang tidak dikenal melakukan login dari perangkat lain, perintah Google akan dikirimkan secara aman ke tiap smartphone dimana kamu sudah login.

Caranya sangat mudah, klik notifikasi untuk meninjau dan login. Pengguna juga bisa login dengan nomor telepon, di mana kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS pengguna.

Untuk menambah tingkat keamanan, pengguna juga bisa menambahkan langkah kedua lainnya untuk memverifikasi dengan memakai aplikasi Authenticator (misalnya Google Authenticator).

Atur Tingkat Izin Penggunaan Channel

Pada bagian ini, silahkan klik Setting dashboard YouTube. Setting ini berfungsi untuk memberi izin kepada pengguna lain mengelola channel tanpa memberinya akses ke akun Google.

Caranya sangat aman dan mudah, yaitu: 

  1.  Silahkan akses website: studio.youtube.com

  2. Lihat padai sisi kiri, klik Setelan/ Setting > Izin

  3. Setelah itu klik Undang, lalu masukkan alamat email orang yang ingin diundang

  4. Klik Akses, lalu anda dapat menentukan peran yang ingin diberikan ke orang tersebut. dengan berbagai pilihan opsi seperti Pemilik, Pengelola, Editor, Editor (Terbatas), Pengakses-lihat saja, dan Pengakses lihat-saja (Terbatas).

Buat Password yang Unik

Buatlah password pada akun YouTube dengan kata sandi yang kuat seperti misalnya mencakup kombinasi huruf kecil dan besar, angka dan simbol, serta informasi pemulihan terbaru.

Hindari pembuatan password yang sama dengan akun media sosial lainnya dan jangan beritahukan password anda sekalipun kepada orang terdekat.

Baca juga:Adobe Hadirkan Dua Alat Ke Photoshop di iPad

Waspada dengan Phising

Phishing merupakan suatu cara untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi pribadi penting, salah satunya seperti kata sandi.

Cara ini dilakukan oleh oknum dengan mengirimkan link palsu, kemudian ketika diklik ternyata pengguna diminta memasukkan data pribadi.

Penipuan tersebut juga dilakukan dengan cara meminta pengguna mengunduh file atau software yang dapat berupa malware yang dirancang untuk merusak komputer atau perangkat seluler pengguna.

(AR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar