4 Cara Mandiri untuk Membuat DIY WiFi Extender

Amanda Rayta Putri . September 13, 2022

Foto: indiamart.com

Teknologi.id - Walau kita sudah menggunakan modem WiFi. Tapi, modem WiFi tersebut tidak bisa menjangkau semua sudut tempat. Hal ini karena keterbatasan kecepatan dan sinyal yang dapat menjangkau sudut WiFi. Kecepatan WiFi dapat ditentukan dari paket yang kita pilih. (Bila pada provider penyedia WiFi tersedia berbagai macam paket serta kecepatannya). Maka dari itu, biasanya pihak provider WiFi juga menyediakan layanan untuk menyewa router extender perbulan atau sekalian membeli router extender tersebut. Namun, jika kamu ingin hemat, kamu bisa membuat router extender WiFi dengan 4 cara berikut ini beserta video tutorialnya juga!

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome

4 Cara Mandiri untuk Membuat DIY Router WiFi

1. Cantenna Wi-Fi Extender

Foto: quora.com

Video cara membuatnya:

Salah satu alat yang dibutuhkan untuk membuat wifi extender yang berjenis Cantenna yaitu, kaleng bekas apapun. Tapi, kebanyakan menggunakan kaleng bekas makanan seperti, pringles. Selain, kaleng peralatan yang dibutuhkan antara lain, konektor yang berjenis Connector N Female, kabel yang beukuran diameter 12mm, female RP-SMA to male N type connector atau kabel fiber optic dan USB Wi-Fi adapter.

2. Portable Solar Powered Wi-Fi Extender

Foto: instructables.com

Video cara membuatnya:

Buat yang ingin sekaligus berkontribusi terhadap bumi melalui DIY WiFi router extender. Kamu bisa memilih dengan membuat model Portable Solar Powered Wifi Extender. Karena menggunakan bahan solar yang lebih ramah lingkungan. Adapun, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat WiFi extender jenis ini. Antara lain, Solar Powered Rechargeable Battery, Solar Panel, USB Wifi Extender , Circuit Board, USB Extender Antennas, Power Switch  dan Kabel.

3. Raspberry Pi Zero 2 W

Foto: medium.com

Video cara membuatnya:

Metode Raspberry Pi Zero W ini merupakan metode untuk menggunakan software dengan harga terjangkau bisa dibawah USD10 atau sekitar Rp150.000. Untuk mengakses dan menyambungkannya bisa melalui situs raspbian lite.iso file from the Raspberry Pi dan https://downloads.raspberrypi.org/raspbian_lite_latest dan lalu masukan SD Card dan ikut cara selanjutnya sesuai perintah.

Baca Juga: Alasan Hacker Menggunakan Telegram untuk Membagikan Aktivitasnya

4. Stainless Steel Stainer Wi-Fi Extender

Notes: Karena gambarnya tidak ditemukan. Jadi, langsung video cara membuatnya:

Buat kamu yang ingin membuat extender wifi yang canggih tapi dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa menggunakan jenis Stainless Steel Stainer Wi-Fi Extender. Total untuk pengeluaran peralatannya tidak sampai USD20 atau sekitar Rp300.000. Adapun peralatan yang dibutuhkan. Antara lain,  Antena Wifi Extender, stainless steel stainer, Kabel USB, Wifi dogle (untuk sinyal wireless).

Itulah, 4 cara mandiri untuk membuat WiFi extender sendiri. Peralatannya, mudah didapat dan murah. Tertarik, untuk coba untuk membuatnya?

(arp)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar