Tiongkok Jadikan Minecraft Sebagai Pilihan Mata Kuliah, Kamu Tertarik?

Foto: Xiamen University


Teknologi.co.id - Minecraft yang berada di bawah Mojang Studio, merupakan salah satu game yang sangat terkenal bahkan untuk beberapa tahun belakangan. Game ini mulai diluncurkan dan dimainkan oleh gamers seluruh dunia pada tahun 2009 yang diciptakan oleh Markus Persson. 

Saat memainkan game ini, kita dapat berkreasi dan membuat apa saja dengan memecahkan balok pada dunia 3 Dimensi. Permainan ini juga disenangi oleh seluruh kalangan usia bahkan memiliki komunitas sendiri. 

Dilansir dari pengumuman resmi NetEase, pemegang lisensi Minecraft di Tiongkok, mengumumkan kolaborasinya dengan Xiamen University of China dan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang Minecraft dalam sebuah mata kuliah. Pengumuman ini disampaikan pada akun Weibo NetEase pada 22 Juni 2022 yang lalu.

"Minecraft dan Universitas Xiamen telah bersama-sama mengembangkan mata kuliah pilihan," tulis NetEase, hari Minggu kemarin (3/7/2022).

Kerjasama ini bertujuan agar mahasiswa dapat semakin mengembangkan ide-ide yang ada dan meningkatkan kemampuan creative thinking mereka. Diharapkan, MInecraft bisa menjadi wadah yang tepat untuk hal tersebut. 

Baca juga: Daftar Motor yang Berpotensi Tidak Bisa Pakai Pertalite Lagi, Ada Punyamu?

Proses perkuliahan bersama game designer langsung. Foto: Xiamen University


Dalam implementasinya, NetEase akan menyediakan pengajar yang merupakan seorang designer game untuk membantu mahasiswa mengoperasikan perangkat Minecraft agar lebih maksimal. 

Untuk masa mendatang NetEase menjelaskan bahwa program ini tidak hanya untuk satu universitas saja dan perusahaan sedang berusaha untuk meningkatkan minat universitas lainnya untuk bergabung. 

Ternyata, ini bukan lah pertama kalinya Minecraft dimanfaatkan untuk sarana pendidikan. Saat maraknya terjadi pandemi Covid-19 dan kegiatan pembelajaran diwajibkan untuk daring, Minecraft dimanfaatkan untuk melangsungkan acara wisuda. 

Gambar: Twitter.com/backyennew


Beberapa siswa sekolah dasar di Jepang ingin tetap kelulusan mereka dilaksanakan dengan pantas meskipun harus berimprovisasi. Dikarenakan tidak bisa melakukan acara kelulusan luring, beberapa siswa tersebut kemudian membuat upacara kelulusan sendiri di Minecraft.

Sebuah cuitan pada 14 Maret 2020 yang diunggah oleh akun Twitter @backyennew. Cuitan tersebut menunjukkan putranya berpartisipasi dalam upacara kelulusan sekolah yang dilakukan di gim Minecraft.

Baca juga: YouTuber Ini Modifikasi PS5 'Slim' Versi DIY, Tebalnya Cuma 2 Cm!

Dilansir dari Bored Panda, cuitan tersebut dilakukan oleh Shuhei Kashiwara. Shuhei merupakan orangtua dari salah satu siswa yang melakukan upacara kelulusan sekolah lewat Minecraft.

Cuitan tersebut berbunyi: "Apa yang kamu lakukan? Kami semua memutuskan untuk mengadakan upacara wisuda bersama! Oh, luar biasa. Para siswa sekolah dasar berkumpul untuk melakukan kelulusan sendiri."

Meskipun tidak mendapatkan acara kelulusan resmi dari sekolah, mereka sudah cukup senang dapat merayakan hari spesial sekali seumur hidup tersebut.

(kssa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar