Teknologi Hologram Portable Pertama 'Proto' Resmi Hadir di Indonesia

Teknologi.id . October 10, 2022
Foto: Sinpo.id


Teknologi.id - Bukan sekadar fiksi, teknologi hologram berhasil dikembangkan di dunia nyata dan dihadirkan di Tanah Air untuk pertama kalinya oleh V2 Indonesia. Perangkat hologram asli yang dipatenkan ini disebut Proto.

V2 Indonesia anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk, yang berfokus pada solusi audio visual dan teknologi masa depan (IoT, AI, VR, XR, AR, Metaverse & Robotics) menghadirkan pengalaman video volumetrik yang realistis dalam resolusi 4K melalui Proto.

Pendiri, dan CEO V2 Indonesia, Rudi Hidayat, mengatakan Proto hadir dalam "warna penuh, resolusi penuh, dan kehadiran yang nyata." Perangkat hologram ini dibuat berukuran manusia, portabel dan plug & play.

Baca juga: Canggih, Peneliti Temukan Hologram yang Dapat Dirasakan

"Kami bangga memperkenalkan teknologi hologram Proto ke Indonesia untuk pertama kalinya dan memberikan manfaat bagi bisnis dan konsumen. Karena perangkat Proto mandiri dan portabel, mereka dapat digunakan dengan berbagai cara, membawa nilai yang luar biasa. Beberapa perangkat Proto dan terhubung ke jaringan bersama sehingga seorang entertainer dapat menjangkau 100 kota di seluruh dunia secara bersamaan dengan kemampuan untuk mendengar, melihat, dan berinteraksi dengan audiens global mereka," kata Rudi, dikutip dari siaran pers Senin, (10/10/2022).

Pengguna platform Proto yang dipatenkan dapat memancarkan ke perangkat Proto dari mana saja dengan koneksi WiFi, baik menggunakan peralatan kamera pro atau ponsel pintar sederhana. Kemudian, orang yang dihologramkan akan muncul seperti nyata, dengan bahasa tubuh dan semua isyarat non-verbal yang dimiliki.

“Anda merasakan kehadiran orang tersebut, melihat bahasa tubuh mereka, melihat semua isyarat non-verbal mereka dan merasa seperti sedang berbicara dengan orang itu meskipun mereka tidak ada di sana, " kata Rudi.

“Bayangkan, dengan teknologi hologram Proto, berinteraksi dengan musisi atau aktor favorit Anda, atau bahkan politisi, di mana pun di dunia,” imbuh Rudi.

Ke depan, Rudi Hidayat berharap para pelaku industri kreatif di tanah air dapat memanfaatkan teknologi hologram dari Proto untuk dapat menghasilkan berbagai konten audio visual yang semakin canggih, berkualitas, dan berdaya saing.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar