Rencana Industri Teknologi pada Tahun 2022

ITC 3 . May 12, 2022


Foto : Logo perusahaan Teknologi.id


Apa sih marketing B2B? Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan istilah marketing B2B. Jadi marketing B2B adalah setiap strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik bisnis lain. B2B adalah singkatan dari “Business to Business” yaitu ketika bisnis adalah pelanggan utama anda.


Startups yang berada di bidang teknologi mungkin tidak asing dengan perusahaan bernama Teknologi.id. Benar, perusahaan Teknologi.id ini salah satu perusahaan di Indonesia yang menerapkan sistem marketing B2B. 


Sekilas tentang Teknologi.id

Teknologi.id atau biasa disingkat dengan Tekdi merupakan salah satu perusahaan media online teknologi terbesar di Indonesia. Tekdi menyediakan berita terbaru, tren teknologi, konten cerdas, positif, dan menghibur melalui artikel pada website dan content social media (Instagram, Linkedin, Twitter, TikTok, dan Telegram). Kami memiliki audiens yang besar, 1 juta + pengunjung unik, dan media teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dengan pertumbuhan 260%+ YoY.


Tujuan teknologi.id yaitu berkomitmen untuk membantu startup teknologi Indonesia dalam membentuk online presence mereka melalui content dan article marketing, dan bersemangat untuk membantu jutaan yang akan datang.


Keadaan saat ini dan pernyataan permasalahan yang sedang dihadapi 

Teknologi.id berencana untuk fokus membantu lebih banyak medium-sized startups mulai dari fintech, ecommerce dan marketplace, edtech, healtech, SAAS, F&B, logistics, agency, travel, transportation, entertainment, UMKM hingga non-profit organizations dalam membentuk online presence mereka melalui marketing.


Marketing services yang ditawarkan Teknologi.id yaitu media distribution (mendistribusikan artikel kepada top online media Indonesia), media publication (mempublikasikan artikel pada website Teknologi.id), native advertising, social media ads, dan event activation. Teknologi.id mempunyai target untuk membantu 400 medium-sized startups pada 2022 ini. Setelah berdiskusi akhirnya tim kita menemukan strategi agar dapat membantu Teknologi.id dalam menghadapi permasalahan yang sedang dialami saat ini.


Rahasia Sukses Marketing B2B


  1. SEO dengan kata kunci yang mudah ditemukan

Teknologi.id mungkin sudah banyak yang tahu dikalangan bidang teknologi tetapi di masyarakat umum untuk teknologi.id sendiri masih terdengar asing tentang apa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Tujuan teknologi.id sendiri membantu semua medium-sized startups yang berada di bidang teknologi sampe UMKM. Maka dari itu strategi SEO teknologi.id harus dilakukan dengan kata kunci yang mudah dipahami dan dicari oleh masyarakat awam. 


  1. Mempertahankan Mitra 

Kegiatan pemasaran dalam bisnis B2B tidak hanya sampai pada pengenalan produk atau jasa kepada target pasar. Namun perusahaan teknologi.id  juga harus menjalankan pemasaran untuk mempertahankan mitra atau pelanggannya. Sehingga mitra terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. 


  1. Menjaga mutu dan kualitas 

Untuk mempertahankan mitra dan juga agar lebih dikenal akan kualitasnya, perusahaan teknologi.id harus selalu menjaga mutu dari kualitas jasa atau produk yang diberikan agar direspon atau dinilai baik oleh mitranya.


  1. Memberikan special price

Karena target perusahan teknologi.id adalah medium-sized startups maka untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan memberikan harga spesial. Selain dapat menarik pelanggan baru dengan memberikan harga spesial juga dapat mempertahankan pelanggan atau mitra.


  1. Bonding 

Dengan menjaga hubungan baik kepada pelanggan atau mitra. Dengan cara teratur bertanya mengenai perkembangan bisnis mitra, dengan begitu perusahaan teknologi.id dapat mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi  pelanggan atau mitra. Sehingga dapat  memberikan jalan keluar dengan menjadikan produk atau jasa anda sebagai solusi


  1. Perlindungan terhadap data konsumen dan mitra

Di zaman dengan kemajuan teknologi seperti saat ini keberadaan dari sebuah data sangatlah dibutuhkan. Apabila terjadi suatu kebocoran data, maka yang dirugikan adalah konsumen dan juga mitra. Sehingga Teknologi.id meluncurkan sistem keamanan data yang baru dengan menerapkan sistem dari machine learning dan juga Artificial Intelligence. Machine Learning disini digunakan untuk menyimpan data dan juga mencatat siapa saja yang mengakses data tersebut. Sedangkan artificial intelligence sendiri digunakan sebagai kunci dari penyimpanan data tersebut, apabila menggunakan sandi dan juga sidik jari sebuah data masih mudah bocor. Maka teknologi.id akan menggunakan juga face recognition untuk membuka sebuah data di dalam sistemnya. Pengakses dari data-data yang disimpan di sistem dapat dilihat oleh c-levels dari perusahaan mitra itu sendiri dan juga petinggi dari teknologi.id. Selain itu setiap c-levels memiliki kewenangan untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat data-data ini di dalam perusahaannya sesuai dengan prosedur di perusahaan mereka masing-masing. Sistem ini dapat dijalankan apabila setiap data tersebut disimpan di sebuah cloud, namun bukan cloud pada umumnya. Karena cloud ini akan terenkripsi dengan baik dan cara pengaksesannya pun dibatasi. Perencanaan dari cloud ini dapat dilakukan selama satu bulan sekaligus dengan riset keamanannya. Kemudian 3 bulan setelahnya dapat dilakukan uji coba keamanan terhadap fungsi keamanan dari cloud ini. Untuk pemeliharaannya sendiri, akan di-update setiap satu tahun sekali sehingga keamanan yang ditawarkan tidak menjadi pemanis saja. Tujuannya yaitu melindungi data dari setiap konsumen dan juga mitra teknologi.id. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan mitra dengan Teknologi.id.



author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar