Indonesia Bakal Pamerkan Metaverse Digital di Presidensi G20

Tristan . March 10, 2022

Foto: VOI


Teknologi.id - Indonesia akan pamerkan teknologi Metaverse di Presidensi G20. Kemenkominfo menyebutkan seperti ke Universal Studio atau Disneyland.


Menjelang Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 ini, Indonesia siap pamerkan kemampuan transformasi digitalnya di pameran metaverse.


Metaverse merupakan semesta digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas secara virtual.


Kementerian Komunikasi dan Informatika juga akan pun akan mengadakan Digital Transformation Expo (DTE).


Menurut Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi, DTE nantinya akan seperti masuk ke Universal Studio atau Disneyland.


“Kita mungkin dapat membayangkan DTE ini semacam kita masuk ke universal studio, atau kita masuk ke disneyland, jadi bukan seperti masuk ke expo-expo yang biasanya,” ucap Permadi.


“Selain metaverse, kita juga akan memakai teknologi lainnya yang masih belum saya ungkapkan,” lanjutnya..


Melalui penjelasannya, Permadi mengatakan kalau Indonesia memiliki optimisme yang tinggi di bidang perkembangan digital.


“Indonesia mempunyai optimisme karena perkembangan digital kita dapat membawa pertumbuhan ekonomi yang inklusif memberdayakan dan berkelanjutan,” ucapnya lebih lanjut.


Hal ini juga diamini Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba.


“Pada akhirnya, kita mengharapkan member stage yang mengunjungi expo ini kemudian tergugah hatinya untuk melakukan investasi di Indonesia, karena sedemikian besar potensi digital di Indonesia,” ucap Tayyiba.


Sebelum menjadi media Indonesia untuk memamerkan transformasi digital, beberapa artis Indonesia sekarang sudah lebih dulu merilis metaverse-nya masing-masing, seperti Raffi Ahmad.


Raffi Ahmad kemarin sempat meluncurkan metaverse sendiri lewat proyek RansVerse, yang merupakan hasil kolaborasi beberapa perusahaan start-up, seperti ShintaVR dan VCGamers.


Dunia virtual tersebut dirancang serupa dengan game, baik dari gambar suasana tempat yang kelihatan seperti theme park, karakter-karakter, denah lokasi, sampai peta kota kelihatan menarik untuk dijelajahi.


Nantinya, semua plot tanah, kostum, karakter, dan lain-lain di RansVerse akan tersedia dalam bentuk NFT.


Baca juga: TikTok Blokir Fitur Unggah Video dan Live di Rusia


(TTD)



author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar